SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Video Berbasis Windows Movie Maker untuk Menunjang Pembelajaran Sejarah Materi Masa Perundagian di Kelas X IPS SMAN 07 Malang

herlin dwi rachmania

Abstrak


ABSTRAK

 

Rachmania, Herlin Dwi. 2013. Pengembangan Media Video Berbasis Windows Movie Maker untuk Menunjang Pembelajaran Sejarah Materi Masa Perundagian di Kelas X IPS SMAN 07 Malang. Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Ismail Lutfi, M.A, (II) Drs. Slamet Sujud P.J, M.Hum.

 

Kata Kunci: media pembelajaran, windows movie maker, masa perundagian

 

            Pembelajaran sejarah merupakan salah satu matapelajaran yang penting bagi perkembangan karakter peserta didik. Pembelajaran di SMA Negeri 07 Malang menggunakan beberapa fasilitas penunjang seperti LCD proyektor, speaker, dan wifi. Peserta didik sangat menyukai media video dalam pembelajaran. Dalam buku paket peserta didik, khususnya materi masa perundagian, masih belum disajikan secara detail dan menarik. Berkaitan dengan itu, diperlukan media video yang mampu menyajikan materi masa perundagian secara menarik dan detail.

            Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini yaitu menghasilkan media video berbasis windows movie maker yang akan digunakan sebagai sarana atau alat untuk menunjang pembelajaran sejarah materi masa perundagian di Indonesia, dan mengetahui efektivitas media video berbasis windows movie maker yang dikembangkan sebagai media pembelajaran sejarah.

            Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) yang diadopsi dari Sugiyono dengan 10 langkah dalam pelaksanaannya yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; (8) uji coba pemakaian; (9) revisi produk; dan (10) produksi massal. Data dari penelitian dan pengembangan ini berupa data kuantitatif dan data kualitatif.

            Hasil dari penelitian dan pengembangan ini yaitu media video berbasis windows movie maker materi masa perundagian. Kumpulan gambar/foto artefak logam dan video teknik pembuatan artefak logam. Media video ini divalidasi oleh ahli materi dengan menunjukkan rata-rata persentase sebesar  90% (sangat valid), oleh ahli media memperoleh 95% (sangat valid), ahli praktisi dengan nilai 95% (sangat valid) dengan memberikan saran maupun komentar. Uji coba kelompok kecil yang dilakukan dengan menggunakan 10 peserta didik menunjukkan rata-rata persentase sebesar 90% (sangat valid) dan untuk uji coba kelompok besar sebesar 82% (sangat valid). Berdasarkan hasil validasi dan uji coba media video ini dapat dikatakan sangat efektif sebagai media pembelajaran sejarah. Kesimpulan dari penelitian dan pengembangan ini yaitu media video berbasis windows movie maker materi masa perundagian sangat efektif digunakan dalam pembelajaran sejarah.