SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Permainan Papercraft sebagai Penunjang Pembelajaran Sejarah dengan Materi Pokok Proses Masuk dan Berkembangnya Hindu-Buddha di Indonesia Kelas X di MAN (Madrasah Aliyah Negeri) Tambakberas Jombang

Twinda Niken Woroastuty

Abstrak


ABSTRAK

Astuty, Twinda Niken Woro. 2017. Pengembangan Media Permainan Papercraft sebagai Penunjang Pembelajaran Sejarah dengan Materi Pokok Proses Masuk dan Berkembangnya Hindu- Buddha di Indonesia Kelas X di MAN (Madrasah Aliyah Negeri) TambakberasJombang. Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Deny Yudo Wahyudi, S.Pd., M.Hum.

Kata Kunci: media pembelajaran, papercraft, pembelajaran sejarah

Media pembelajaran acapkali diabaikan dalam proses pembelajaran sejarah. Hal tersebut dikarenakan guru tidak memiliki media pembelajaran yang interaktif dan menarik bagi peserta didik, sehingga pembelajaran yang ada di kelas terkesan membosankan. Dengan demikian dibutuhkan suatu media pembelajaran yang dapat menarik perhatian dari peserta didik dalam pembelajarah sejarah, berupa media papercraft dengan materi Hindu-Buddha. Salah satunya adalah proses masuk dan berkembangnya Hindu-Buddha di Indonesia. Tujuan penelitian dan pengembangan ini untuk  mengembangkan media pembelajaran dengan menggunakan media permainan papercraft dalam bentuk tiga dimensi dengan matapelajaran sejarah, materi proses masuk dan berkembangnya Hindu-Buddha di Indonesia, media pembelajaran ini diharapkan dapat membantu peserta didik dalam proses pembelajaran sejarah.

Metode penelitian dan pengembangan menggunakan langkah-langkah model prosedural dari Sugiyono, yaitu: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk,  validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, dan produksi masal. Untuk melihat tingkat efektivitas produk peneliti menggunakan angket sebagai alat ukur efektivitas yang diberikan kepada peserta didik.

Produk penelitian dan pengembangan ini merupakan media cetak berupa papercraft berbentuk tiga dimensi, dengan materi proses masuk dan berkembangnya Hindu-Buddha di Indonesia. Media papercraft berupa orang-orangan dengan ornamen  Hindu-Buddha seperti hipotesis brahmana, hipotesis ksatria, hipotesis waisya, hipotesis arus balik, dan peta Indonesia. Media papercraft dengan materi pokok proses masuk dan berkembangnya Hindu-Buddha di Indonesia telah melalui uji validasi materi (oleh dosen sejarah Universitas Negeri Malang) dan uji validasi media (oleh dosen sejarah Universitas Negeri Malang), serta uji coba pemakaian terhadap peserta didik kelas X di MAN Tambakberas Jombang.

Hasil validasi ahli materi dan ahli media mendapatkan persentase sebesar 95,8% dan 90,4%, berdasarkan hasil tersebut media permainan papercraft dinyatakanvalid dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Pada uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar mendapatkan presentase sebesar  88,7% dan 85,3%, berdasarkan hasil tersebut media permainan papercraft valid dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Sehingga dapat disimpulkan dari penelitian dan pengembangan ini, pembelajaran dengan menggunakan media permainan papercraft dengan materi pokok proses masuk dan berkembangnya Hindu-Buddha di Indonesia ini dinyatakan valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran sejarah.