SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penggunaan Multimedia Interaktif Berbasis Macromedia Flash Profesional 8 Pada Pembelajaran Sejarah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI TKJ 2 SMK Negeri 7 Malang

Marita Dwi Agustin

Abstrak


ABSTRAK

 

RINGKASAN

 

Agustin, Marita Dwi. 2016. Penggunaan Multimedia Interaktif Berbasis Macromedia Flash Profesional 8 Pada Pembelajaran Sejarah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI TKJ 2 SMK Negeri 7 Malang. Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Mashuri, M.Hum.

 

Kata Kunci: Multimedia, Macromedia Flash Profesional 8, Hasil Belajar

 

Permasalahan yang terdapat di kelas XI TKJ 2 SMK Negeri 7 Malang pada pembelajaran sejarah ialah rendahnya hasil belajar. Faktor dari permasalahan tersebut ialah kelas yang tidak kondusif, peserta didik yang tidak menganggap penting pelajaran sejarah, dan pengemasan matapelajaran sejarah yang kurang menarik. Oleh sebab itu, solusi yang digunakan untuk mengatasi permasalahan di atas yakni pengemasan pembelajaran sejarah dengan lebih menarik.

Pada penelitian ini fokus permasalahannya yakni penerapan penggunaan media yang berbasisMacromedia Flash Profesional 8 pada pembelajaran sejarah, serta adanya upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran berbasis Macromedia Flash Profesional 8.

Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Mc Taggart. Jenis data pada penelitian ini yakni data kuantitatif dan data kualitatif. Pengumpulan data kuantitatif diperoleh dari hasil belajar peserta didik (tes tulis) sedangkan untuk data kualitatif diperoleh dari hasil wawancara dengan guru matapelajaran sejarah dan hasil observasi kegiatan pembelajaran. Prosedur penelitian dilakukan dengan dua siklus yang meliputitahapan perencanaan, pelaksanaan, dan refleksi.

Hasil belajar peserta didik kelas XI TKJ 2 telah menunjukkan adanya peningkatan setelah penggunaan multimedia berbasis Macromedia Flash Profesional 8 dalam pembelajaran sejarah. Peningkatan hasil belajardisebabkan olehmedia pembelajaran yang lebih menarik sehingga peserta didik dapat fokus ketika pembelajaran berlangsung.Peserta didik cenderung lebih fokus dan aktif ketika menggunakan multimedia berbasis Macromedia Flash Profesional 8 dibandingkan dengan menggunakan PPt.Pembelajaran sejarah juga lebih menarik daripada sebelumnya. Hasil penelitian dilihat berdasarkan hasil belajar peserta didik dari 25 soal pilihan ganda pada masing-masing tes tulis yang menunjukkan adanya peningkatan. Dilihat dari rata-rata kelas, pada siklus I rata-rata kelas yakni sebesar 64,95 dan pada siklus II rata-rata kelas yakni sebesar 74,28. Peningkatan dari kedua siklus yakni sebesar 9,33.

Dari penelitian ini, peneliti memberikan saran kepada peneliti selanjutnya untuk mengembangkan media berbasis Macromedia Flash Profesional 8 agar menjadi media pembelajaran yang lebih interaktif. Selain itu, Macromedia Flash Profesional 8 juga dapat dikembangkan sebagai media pembelajaran yang dilengkapi dengan permainan yang lebih bervariasi.Penggunaan media tersebut juga dapat disesuaikan dengan berbagai model dan metode pembelajaran.