SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Perkembangan Kawasan Pelabuhan Perikanan Samudera Cilacap terhadap Kehidupan Sosial dan Ekonomi Masyarakat Kelurahan Tegal Kamulyan Kecamatan Cilacap Selatan Tahun 1994-2015

Adi Supriyatno

Abstrak


ABSTRAK

 

Supriyatno, Adi. 2017. Pengaruh Perkembangan Kawasan Pelabuhan Perikanan Samudera Cilacap terhadap Kehidupan Sosial dan Ekonomi Masyarakat Kelurahan Tegal Kamulyan Kecamatan Cilacap Selatan Tahun 1994-2015. Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang.

Pembimbing: (1) Dr. Reza Hudiyanto, M.Hum  (2) Drs. Kasimanuddin Ismain, M.Pd

 

Kata Kunci : Pelabuhan Perikanan Samudera Cilacap, Sosial Ekonomi

 

Pelabuhan perikanan sebagai tempat pelayanan umum bagi masyarakat nelayan dan usaha perikanan yang dilengkapi dengan fasilitas di darat dan di perairan sekitarnya untuk digunakan sebagai pangkalan operasional tempat berlabuh, mendaratkan hasil, penanganan, pengolahan, distribusi dan pemasaran hasil perikanan. Dengan berkembangnya Pelabuhan Perikanan Samudera Cilacap akan berpengaruh terhadap kehidupan sosial ekonomi masyarakat kawasan pelabuhan.

Tujuan dari penelitian skripsi ini adalah mendiskripsikan perkembangan Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Cilacap Desa Tegal Kamulyan, Kecamatan Cilacap Selatan tahun 1994-2015 dan mendiskripsikan pengaruh perkembangan Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Cilacap terhadap kehidupan sosial ekonomi masyarakat tahun 1994-2015.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sejarah yang bersifat kualitatif yaitu proses menguji dan menganalisis secara kritis rekaman dan peninggalan masa lampau. Oleh karena itu, penelitian ini merupakan penelitian sejarah kota, yang membahas tentang sebuah kawasan pelabuhan, maka dalam penelitian ini menggunakan metode sejarah, yaitu suatu metode penelitian yang khusus digunakan dalam penelitian sejarah dengan melalui tahap tertentu.

Hasil dari penelitian ini adalah setelah adanya PPS Cilacap harga ikan lebih stabil dan tidak pernah terjadi pembuangan ikan seperti yang pernah terjadi pada saat belum adanya PPS. Dengan demikian pendapatan nelayan dapat naik walaupun hasil tangkapan mereka sedikit jika harga jual ikan baik. Pendapatan perkapita nelayan mengalami kenaikan, kecuali pada tahun 2005 mengalami penurunan.  Dampak dari adanya PPS Cilacap dapat memperbaiki kondisi-kondisi tersebut, karena sebelum adanya PPS Cilacap rumah-rumah nelayan yang berada di daerah TPI Sentolokawat masih sederhana dan masih banyak yang belum permanen. Selain itu PPS Cilacap juga banyak membantu warga sekitar yang rumahnya tidak layak huni untuk diperbaiki menjadi lebih baik lagi.  Sebagian besar nelayan mempunyai pendidikan yang rendah karena kebanyakan dari mereka hanya lulusan SD dan SMP. Akan tetapi dari tahun 1994-2015 tingkat pendidikan di sekitar nelayan mengalami kenaikan. Karena semakin berkembangnya zaman nelayan mulai sadar akan pentingnya pendidikan.

Dalam bidang kesehatan, tingkat kesehatan masyarakat nelayan meningkat. Misalnya  rumah-rumah nelayan yang dahulunya sebagian besar masih kurang layak sekarang sudah layak, serta adanya kartu anggota nelayan yang menjamin satu anggota keluarga nelayan. Adanya PPS Cilacap juga membawa pengaruh yang baik dengan munculnya lapangan pekerjaan baru di sekitar PPS Cilacap. Misalnya seperti warung-warung kecil hingga pabrik-pabrik disekitar PPS Cilacap.