SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengenbangan Media Pembelajaran Komik Art Book pada Materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Matapelajaran Sejarah Kelas XI SMA

Tito Dwi Rivianto

Abstrak


ABSTRAK

 

Rivianto, Tito D. 2017. Skripsi. Pengembangan Media Pembelajaran Komik Art Book Pada Materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Matapelajaran Sejarah Kelas XI Di SMA. Jurusan Sejarah. Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: 1) Drs. Kasimanuddin Ismain, M.Pd.; 2) Dr. R. Reza Hudiyanto, M. Hum.

 

Kata Kunci: pengembangan, media pembelajaran, komik Art Book, Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

 

Matapelajaran sejarah sering diartikan sebagai matapelajaran yang rumit karena siswa dituntut untuk menghafal secara detail mulai dari tahun kejadian, tokoh-tokoh hingga peristiwa. Untuk itu, dilakukan dengan berbagai cara, salah satu solusi untuk membuat pembelajaran lebih menarik dan inovatif ialah salah satunya menggunakan media pembelajaran komik Art Book. Pembelajaran menggunakan Komik Art Book ini merupakan suatu cara yang efektif untuk mempelajari matapelajaran sejarah. Alasan dipilihnya produk tersebut karena dengan  menggunakan media pembelajaran komik Art Book ini siswa dapat menggambarkan kondisi keadaan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada saat itu yang disajikan lebih nyata supaya siswa menjadi lebih memahami materi tentang Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Metode penelitian pengembangan menggunakan metode penelitian dari Sugiyono yang terdiri dari berbagai tahapan meliputi: Potensi dan Masalah, Mengumpulkan Informasi, Desain Produk, Validasi Desain, Perbaikan Desain, Uji Coba Produk, Revisi Produk, Uji Coba Pemakaian, Produksi Masal. Sebelum media tersebut di uji coba kan di sekolah, terlebih dahulu dilakukan validasi yang terdiri dari validasi materi oleh ahli materi dan validasi media oleh ahli media. Validasi materi dilakukan oleh Drs. Dewa Agung Gede Agung, M.Hum. Sedangkan validasi media dilakukan oleh Drs. Mashuri, M.Hum. Untuk subyek penelitian nya dalam kelompok kecil dan kelompok besar dilakukan di sekolah SMAK Diponegoro Blitar.

Hasil uji coba kelompok kecil mendapatkan persentase sebesar 82,9%. Dari hasil persentase tersebut bahwa media pembelajaran komik Art Book ini dalam kriteria kelayakan media pembelajaran sangat valid dan dapat digunakan tanpa revisi. Sementara itu hasil dari uji coba kelompok besar ialah sebesar 91,9%. Menurut kriteria kelayakan media pembelajaran bahwa media komik Art Book ini  sangat valid dan dapat digunakan tanpa revisi. Berdasarkan hasil uji coba kelompok kecil dan kelompok besar, keduanya menunjukkan bahwa media pembelajaran komik Art Book  dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang dapat diterima baik oleh siswa.

Media pembelajaran komik Art Book diharapkan menjadi suatu inovasi media pembelajaran agar siswa tidak bosan dalam belajar di kelas. Selain itu, komik Art Book dapat digunakan sebagai penambah wawasan dan media belajar sumber lainnya selain buku dan internet.  Dengan demikian diharapkan media komik Art Book ini dapat digunakan oleh pengajar kepada siswa dan diterima secara khalayak umum.