SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi "Gara-gara Rempah" untuk Kelas XI SMAN 1 Sidoarjo

Sindi Seviani

Abstrak


ABSTRAK

 

Seviani, Sindi. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi “Gara-gara Rempah” untuk Kelas XI SMAN 1 Sidoarjo. Skripsi. Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Ismail Lutfi, M.A., (II) Dr. Ari Sapto, M.Hum.

 

Kata Kunci: media pembelajaran, video animasi

 

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penemuan peneliti di SMAN 1 Sidoarjo bahwa guru merasa kesulitan untuk menarik perhatian siswa saat pembelajaran sejarah sehingga kelas sering dijumpai dalam keadaan gaduh.  Meskipun demikian, guru tidak mengalami masalah terkait prestasi siswa dalam pembelajaran sejarah. Kesulitan guru dalam menarik perhatian siswa dapat disebabkan oleh kurangnya inovasi dalam penggunaan media.

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran berupa video animasi berjudul Gara-gara Rempah untuk kelas XI SMAN 1 Sidoarjo. Video animasi dipilih untuk memberikan pengalaman belajar yang berbeda kepada siswa. Dalam pembelajaran sejarah di kelas, guru lebih sering menampilkan video dan belum pernah menampilkan video animasi. Adapun materi yang dipilih adalah mengenai rempah-rempah sebagai salah satu penyebab kedatangan bangsa Barat di Indonesia. Materi ini dipilih karena guru merasa kesulitan mencari video pembelajaran untuk materi terkait. Materi yang dipilih merupakan materi awal untuk kelas XI. Dengan demikian, produk dapat segera dimanfaatkan oleh guru dalam pembelajaran sejarah di kelas.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dan dilakukan dengan menggunakan model pengembangan yang digunakan oleh Borg dan Gall yang telah dimodifikasi menjadi tujuh tahap. Tujuh tahap tersebut adalah tahap studi pendahuluan, tahap perencanaan, tahap pengembangan produk, uji coba awal (validasi), revisi desain produk, uji coba terbatas, dan revisi produk akhir hasil pengembangan.

Produk yang dikembangkan dalam penelitian ini berupa video animasi berdurasi 6 menit 42 detik dengan format MP4. Hasil penelitian diperoleh melalui wawancara dan angket uji coba awal oleh ahli materi, ahli media, dan praktisi pendidikan, serta angket uji coba terbatas oleh siswa. Hasil uji coba awal terhadap ahli materi menunjukkan tingkat kelayakan materi dalam produk sebesar 82,50%, sedangkan hasil uji coba awal terhadap ahli media menunjukkan tingkat kelayakan produk sebesar 97,73%, dan hasil uji coba awal terhadap praktisi pendidikan menunjukkan tingkat kelayakan produk sebesar 81,25%. Adapun hasil  uji coba terbatas terhadap siswa menunjukkan tingkat kelayakan produk sebesar 87,71%. Berdasarkan criteria validitas yang dikembangkan oleh Arikunto maka dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan berupa media pembelajaran video animasi Gara-garaRempah memenuhi kualifikasi sangat valid dan layak diimplementasikan atau dapat digunakan tanpa revisi.