SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Bahan Ajar Web Pada Materi Masa Pendudukan Jepang di Indonesia Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Batu

Mochammad Ronaldy Adji Saputra

Abstrak


Saputra, Mochammad Ronaldy Aji. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Web Pada Materi Masa Pendudukan Jepang di Indonesia Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Kota Batu. Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Dewa Agung Gede Agung, M.Hum, (2) Aditya Nugroho Widiadi, S.Pd, M.Pd.

 

Kata kunci: bahan ajar, web, masa pendudukan Jepang.

 

Proses pembelajaran sejarah pada kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Batu khususnya pada materi masa pendudukan Jepang di Indonesia telah terjadi banyak hambatan dan permasalahan. Hambatan dan permasalahan tersebut antara lain waktu yang terbatas, kurang maksimalnya penggunaan bahan ajar dan penyajian materi kurang menarik. Hal ini membuat siswa merasa kurang tertarik untuk belajar sejarah. Untuk memecahkan masalah tersebut maka dikembangkan sebuah bahan ajar web materi pendudukan Jepang di Indonesia dengan melakukan penelitian dan pengembangan.

Pada penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa bahan ajar web pada materi masa pendudukan Jepang di Indonesia. Bahan ajar web pada materi masa pendudukan Jepang di Indonesia sangat penting untuk dikembangkan di SMA Negeri 1 Batu. Dengan hadirnya bahan ajar web pada materi masa pendudukan Jepang di Indonesia, diharapkan dapat meminimalisir tidak efektifnya waktu dalam kegiatan tatap muka dan memaksimalkan siswa untuk belajar sejarah khususnya pada materi pendudukan Jepang di Indonesia.

Model penelitian dan pengembangan bahan ajar web materi pendudukan Jepang di Indonesia kelas XI IPS di Kota Batu menggunakan model pengembangan dari Sugiyono. Dalam penelitian ini terdiri atas beberapa langkah, yakni (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, dan (7) revisi produk.

Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu, hasil validasi ahli materi menunjukkan dengan rata-rata sebesar 92,5%, ahli media dengan rata-rata sebesar 98,4%, dan praktisi pembelajaran dengan rata-rata sebesar 93%. Uji coba perseorangan dilakukan kepada 3 siswa kelas XI IPS menunjukan dengan rata-rata sebesar 98,4%, uji coba kelompok kecil yang dilakukan kepada 9 siswa kelas XI IPS dengan rata-rata sebesar 92,2%, dan uji coba kelompok besar yang dilakukan kepada 30 siswa kelas XI IPS dengan rata-rata sebesar 89,3%. Peneliti melakukan revisi bahan ajar web materi masa pendudukan Jepang di Indonesia sesuai saran yang telah diberikan untuk penyempurnaan bahan ajar web. Bahan ajar web memberikan efektifitas terhadap pemahaman siswa terhadap materi pendudukan Jepang. Hasil efektifitas didapatkan melalui kegiatan pre test dengan nilai rata-rata sebesar 81,25 dan post test dengan nilai rata-rata sebesar 95,4. Kedua hasil tersebut memiliki selisih sebesar 14,15. Kemudian hasil analisis uji Wilcoxon Signed Ranks Test juga menunjukan sebesar 0,000 di mana kurang dari batas kritis penelitian 0,05 sehingga keputusan hipotesis adalah terdapat perbedaan bermakna antara hasil pre test dan post test.