SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

INDUSTRI PERIKANAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT DI DESA LANDANGAN KECAMATAN KAPONGAN KABUPATEN SITUBONDO TAHUN 2000-2015

Ainul Yaqin Mahfudi

Abstrak


ABSTRAK

 

Masyarakat Desa Landangan pada mulanya masih tradisional yang menggantungkan hidupnya pada sektor pertanian, seiring berjalannya waktu menjadi masyarakat yang kompleks dengan dibangunnya pabrik pembekuan udang, ikan, dan cumi-cumi di Desa landangan. Pabrik tersebut hanya ada satu di Kabupaten Situbondo yang terletak di Desa landangan. Di desa lain yang berbatasan dengan laut, tidak memiliki pabrik yang berorientasi ekspor. Berdasarkan latar belakang diatas, penulis merumuskan masalah, yakni (1) bagaimana industrialisasi pada masyarakat Desa Landangan dari tahun 2000-2015? (2) bagaimana perubahan sosial ekonomi adanya industrialisasi perikanan pada masyarakat Desa Landangan?

Tujuan diadakan penelitian, adalah sebagai berikut: (1) untuk mengetahui proses masuknya industrialisasi dalam masyarakat Desa Landangan. (2) untuk mengetahui perubahan sosial ekonomi dengan adanya industrialisasi perikanan di Desa Landangan dari tahun 2000-2015. Pada penelitian ini menggunakan metode sejarah, yang di dalamnya terdapat Pemilihan Topik, Heuristik, Kritik (Internal Dan Eksternal), Interpretasi, dan Historiografi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masuknya industri ke Desa Landangan pada tahun 1993. Diberlakukannya Undang-Undang Penanaman Modal Asing pada masa Orde Baru, membuat banyak investor asing maupun dalam negeri untuk membangun industri. Industri yang pertama ada di Desa LAndangan tersebut bernama PT.SGH, kemudian mengalami pailit dan akhirnya diganti oleh PT.SeaCold. adanya PT.SeaCold berkat kerjasama PT.Suri Tani yang merupakan anak perusahaan Japfa Comfeed dan PT.PMMP. PT.Suri Tani mengalami pailit juga akhirnya semua saham dibeli oleh PT.PMMP yang sekarang bertahan hingga sekarang

Perubahan ekonomi yang dirasakan oleh masyarakat Desa Landangan yakni bertambahnya pendapatan masyarakat, berkurangnya pengangguran, dan meningkatnya kesejahteraan masyarakatnya. Secara perubahan sosial yang dirasakan oleh masyarakat Desa Landangan, yakni naiknya prestise seseorang karena bertambahnya pemasukan sehingga meningkatkan kemampuan daya beli masyarakat.

 

Penelitian ini hanya mengambil aspek sosial ekonomi, saran untuk peneliti selanjutnya bisa mengungkap dari sudut pandang aspek lain seperti kebudayaan, pendidikan atau secara keagamaan.