SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kesulitan Belajar Siswa Kelas XI IPS 1 pada Matapelajaran Sejarah Wajib di SMA Brawijaya Smart School Malang

yunik , lestari

Abstrak


ABSTRAK

 

Lestari, Yunik. 2017. Kesulitan Belajar Siswa Kelas XI IPS 1 pada Matapelajaran Sejarah Wajib di SMA Brawijaya Smart School Malang. Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Marsudi, M.Hum

 

Kata Kunci : kesulitan belajar, siswa, matapelajaran sejarah

Kesulitan belajar yang dialami siswa dapat dilihat dari jenis-jenis dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Kesulitan belajar dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal seperti cara mengajar guru dan dukungan dari lingkungan keluarga yang memberikan tempat dan suasana belajar yang nyaman bagi siswa. Hambatan-hambatan yang terjadi dalam proses pembelajaran tersebut mengakibatkan tidak tercapainya secara optimal tujuan pembelajaran. Permasalahan-permasalahan yang muncul ini tidak dapat dipandang sebelah mata saja sebab akan memberikan dampak yang besar kepada siswa salah satunya pencapaian nilai siswa yang di bawah rata-rata atau masih belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Oleh sebab itu sangat diperlukan upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa.

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui jenis-jenis, faktor-faktor, serta upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar yang dialami siswa kelas XI IPS 1 di SMA Brawijaya Smart School Malang pada matapelajaran sejarah wajib. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengambilan informan pada penelitian ini menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi langsung, wawancara dan dokumentasi. Analisis dilakukan dengan mendeskripsikan data penelitian.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata jenis kesulitan belajar yang dialami siswa kelas XI IPS I pada matapelajaran sejarah wajib termasuk ke dalam 3 jenis yakni meliputi jenis kekacauan belajar (learning disorder), ketidakmampuan belajar (learning disability), serta lambat belajar (slow learner). Faktor internal penyebab kesulitan belajar siswa kelas XI IPS 1 pada matapelajaran sejarah wajib  di SMA Brawijaya Smart School Malang adalah faktor psikologis yang meliputi ketidaksesuaian bakat siswa dengan matapelajaran sejarah wajib, kurangnya minat dan rendahnya motivasi siswa, kebiasaan belajar yang tidak baik dan tidak teratur serta kurangnya kesiapan siswa dalam belajar. Faktor eksternal penyebab kesulitan belajar siswa kelas XI IPS 1 pada matapelajaran sejarah wajib di SMA Brawijaya Smart School Malang adalah faktor yang berasal dari lingkungan sekolah meliputi cara penyajian pelajaran yang lebih sering menggunakan metode ceramah dan seringnya guru memberikan tugas kepada siswa dalam materi kedatangan pihak Jepang ke Indonesia. Faktor dari lingkungan keluarga yaitu suasana rumah yang kurang baik. Upaya guru matapelajaran sejarah wajib ini mengidentifikasi gejala-gejala awal dari diri siswa, kemudian memberikan tes kepada siswa, sedangkan upaya guru BK sendiri dengan memberikan pendampingan siswa untuk konseling dan konsultasi bagi siswa yang mengalami kesulitan belajar.