SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Kuis Interaktif Berbasis Wondershare Quiz Creator Dalam Evaluasi Pembelajaran Sejarah Kelas XI Di MA Ma’arif 7 Banjarwati Kabupaten Lamongan

M. Syaeful Anam

Abstrak


ABSTRAK

 

Pembelajaran sejarah di MA Ma’arif 7 Banjarwati Kabupaten Lamongan diajarkan dengan gaya konvensional tersebut menyebabkan pembelajaran cenderung monoton dan membosankan. Berdasarkan observasi di MA Ma’arif 7 Banjarwati Kabupaten Lamongan bahwa fasilitas internet dan komputerisasi di sekolah sudah memadai tetapi belum maksimal didayagunakan dalam pembelajaran sejarah. Beberapa alasan disampaikan oleh guru matapelajaran sejarah diantaranya penggunaan media itu menambah repot, media itu hanya untuk hiburan sedangkan belajar harus serius serta guru sudah terbiasa mengajar dengan metode ceramah. Selain itu, guru juga menyebutkan masih ditemui perilaku mencontek ketika pelaksanaan evaluasi. Perilaku mencontek ini disebabkan ketidaksiapan peserta didik karena belum belajar dan takut memperoleh nilai rendah. Salah satu strategi mengatasi itu adalah penggunaan media yang dapat menunjang proses pembelajaran, diantaranya media yang berbentuk aplikasi kuis interaktif. Kuis interaktif adalah salah satu media alternatif yang dapat digunakan untuk menunjang proses pembelajaran. Salah satu aplikasi kuis interaktif adalah wondershare quiz creator. Program wondershare quiz creator mengingat disamping menyenangkan, program ini akan memancing keaktifan peserta didik dalam menjawab pertanyaan, mengingat pelajaran yang sudah diajarkan dan mengenalkan kembali pelajaran yang sudah diajarkan.

Penelitian bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran kuis interaktif berbasis wondershare quiz creator yang berisi soal-soal Kelas XI Materi Bab 3 “Membangun Jati Diri Keindonesiaan” serta mengetahui efektivitas kuis interaktif berbasis wondershare quiz creator dalam pembelajaran sejarah Kelas XI Materi Bab 3 “Membangun Jati Diri Keindonesiaan” guna meningkatkan motivasi dan kemandirian peserta didik dalam belajar sejarah. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang digunakan sesuai dengan tujuan penelitian yang telah ditentukan. Model penelitian ini digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji efektivitas sebuah produk. Menurut Sugiyono terdapat tahapan atau langkah-langkah yang harus dilakukan dalam pendekatan ini, langkah-langkah penelitian pengembangan tersebut adalah: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian, (9) revisi produk, dan (10) produksi massal. Pengumpulan datanya menggunakan tes dan angket. Pengolahan data dilakukan setelah data hasil uji coba berhasil didapatkan.

 

Berdasarkan hasil uji validasi materi oleh ahli materi, menunjukkan tingkat kevalidan materi mendapatkan persentase sebesar 87,5%. Menurut kriteria kevalidan materi, materi yang digunakan dalam pengembangan kuis interaktif berbasis wondershare quiz creator dapat disimpulkan sangat valid. Berdasarkan hasil uji validasi media oleh ahli media, menunjukkan tingkat kevalidan media mendapatkan persentase sebesar 95%. Menurut kriteria kevalidan media, mediayang digunakan dalam pengembangan kuis interaktif berbasis wondershare quiz creator dapat disimpulkan sangat valid. Berdasarkan perhitungan rekapitulasi uji coba produk kelompok kecil atau terbatas, dapat diketahui persentase keseluruhan yang didapatkan sebesar 82,6%. Kesimpulannya bahwa produk yang dikembangkan telah valid. Ketika uji coba produk kelompok besar atau lapangan rata-rata hasil pembelajaran sebelum pemanfaatan produk kuis interaktif berbasis wondershare quiz creator untuk Kelas XI adalah 65,75, mengalami peningkatan menjadi 75,25 sesudah memanfaatkan produk kuis kuis interaktif berbasis wondershare quiz creator. Sehingga kesimpulannya bahwa produk yang dikembangkan ini layak dan efektif untuk dimanfaatkan dalam pembelajaran sejarah.