SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penggunaan Media Film Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XII IIS 3 SMAN 4 Blitar.

Aloysius Arif Kurniawan

Abstrak


ABSTRAK

 

Penggunaan media dalam pembelajaran khususnya sejarah saat ini sangat diperlukan. Penggunaan metode ceramah tanpa media atau hanya dengan media buku cetak dapat dikatakan sebagai hal yang kuno. Media dapat menjadi sebuah inovasi dalam pembelajaran yang lebih baik serta modern. Media film bertema sejarah saat ini telah banyak bermunculan namun penggunaan saat dalam sebuah pembelajaran sangatlah kurang. Penggunaan media dan kurang bervariasinya cara guru dalam menyampaikan materi membuat motivasi siswa dalam pembelajaran terllihat kurang. Motivasi siswa yang kurang membuat pembelajaran yang ada justru tidak kondusif dan materi yang disampaikan kurang dapat ditangkap siswa. Penelitian ini mengkaji bagaimana penggunaan media film di kelas XII IIS 3 untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.Tujuan peneliitan ini adalah (1) mengetahui penggunaan media film dalam pembelajaran kelas XII IIS 3 Sman 4 Blitar; (2) mengetahui motivasi belajar siswa kelas XII IIS 3 dalam pembelajaran sejarah setelah menggunakan media film.

Penelitian ini menggunakan  pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Kegiatan pembelajaran dilakukan dalam 2 siklus, yang pada tiap siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.  Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui kegiatan observasi, wawancara dan,angket motivasi. Penelitian dilaksanakan di kelas XII IIS 3 SMAN 4 BLITAR dengan jumlah siswa 26 orang pada pelaksanaannya. Materi yang digunakan dalam pembelajaran adalah respon Internasional terhadap Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan media di SMAN 4 sangat kurang sehingga materi yang disajikan hanya melalui ceramah guru serta dari buku cetak. Ceramah dari guru dan penggunaan buku cetak dapat membuat motivasi siswa berkurang selama pembelajaran. Penggunaan media film dalam pembelajaran dikatakan berlangsung dengan baik selama 2 siklus. Meski dalam pelaksanaannya terdapat beberapa kendala namun dapat diatasi dengan baik. Pada motivasi siswa pada sebelum siklus hanya berkisar 65% atau dalam kategori cukup. Pada ahkir siklus terdapat peningkatan yang berikisar 74% atau baik. Pada ahkir siklus 2 meningkat menjadi 90% lebih atau sangat baik.

Motivasi siswa selama dilaksanakan tindakan meningkat cukup signifikan. Hal ini terlihat pada ketertarikan, perhatian siswa yang meningkat menjadi lebih baik. Perhatian dan ketertarikan siswa yang meningkat dapat menimbulkan  peningkatan pada kepuasan dan rasa percaya diri di dalam siswa. Dari hasil motivasi selama tindakan dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan media film dapat menjadi sebuah cara untuk meningkatkan motivasi siswa saat pembelajaran sehingga dengan meningkatanya motivasi siswa pelakasanaan tindakan dikatakan berhasil.

 

Penelitian ini dapat menawarkan beberapa saran sebagai berikut. Pertama, untuk guru sejarah diharapkan untuk dapat menggunakan media sering mungkin untuk menghidupkan suasana kelas. Kedua, untuk peneliti selanjutnya, hendaknya mengkaji penggunaan media-media lain yang diterapkan di berbagai sekolah yang ada.