SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kehidupan Sosial Ekonomi TenagaKerja Wanita Perusahaan Rokok Gudang Garam di Kota Kediri Tahun 1971-2015

Nafisatul Farida

Abstrak


ABSTRAK

 

Farida, Nafisatul. 2017. Kehidupan Sosial Ekonomi Tenaga Kerja Wanita Perusahaan Rokok Gudang Garam di Kota Kediri Tahun 1971-2015. Skripsi, Program Studi Ilmu Sejarah, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Ari Sapto, M.Hum.

 

Kata Kunci: tenaga kerja wanita, perusahaan rokok Gudang Garam, sosial ekonomi, Kediri.

Keberadaan perusahaan rokok Gudang Garam di wilayah Kediri memberikan pengaruh besar dengan menyediakan lapangan kerja bagi masyarakat Kediri. Sektor produksi SKT merupakan sektor dari perusahaan rokok Gudang Garam yang membutuhkan banyak tenaga kerja khususnya tenaga kerja wanita. Tenaga kerja wanita ini merupakan tenaga kerja yang mendapatkan upah secara borongan yakni dibayarberdasarkan hasil produksinya setiap hari. Upah yang didapat setiap minggunya mampu mencukupi kebutuhan serta meningkatkan kehidupan sosial ekonomi tenaga kerja wanita borongan tersebut.

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan: (1) latar belakang sejarah pendirianperusahaan rokok Gudang Garam di Kediri: (2) pemanfaatan tenaga kerja wanita di perusahaan rokok Gudang Garam Kediri tahun 1971-2015: (3) kondisi sosial ekonomi tenaga kerja wanita perusahaan  rokok Gudang Garam di Kediri tahun 1971-2015.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah yang dimulai dari pemilihan topik penelitian, pengumpulan sumber penelitian, verifikasi (kritik sumber dan keaslian sumber), interpretasi, dan historiografi.Sumber data yang dipakai dalam penelitian ini adalah sumberdata primer, melalui wawancara, dokumen, serta foto. Data sekunder yang digunakan dalam penelitian ini adalah pemanfaatan sumber data tertulis berupa buku, penelitian terdahulu, artikel yang relevan sesuai tema penelitian.

Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalahPertama, Gudang Garam didirikan oleh Tjoa Ing Hwi pada 26 Juni 1958 dan terus mengalami perkembangan dan menjadi salah satu perusahaan rokok besar di Indonesia. Kedua, perusahaan rokok Gudang Garam mampu menyerap banyak tenaga kerja diberbagai sektor kerja terutama sektor produksi SKT yang didominasi oleh tenaga kerja borongan wanita. Ketiga, keberadaan perusahaan rokok Gudang Garam di kota Kediri berdampak positif terhadap kondisi sosial ekonomi tenaga kerja wanitabagian borongan. Mereka bekerja untuk membantu suami mencukupi kebutuhan sehari-hari keluarga. Selain mendapatkan upah setiap minggunya Gudang Garam juga menyediakan kenaikan upah setiap tahun, uang haid setiap bulan, serta THR setiap lebaran.

 

Kajian ini diharapkan mampu memberikan inspirasi bagi penelitian selanjutnya yang akan mengambil tema penelitian sejarah sosial ekonomi mengenai tenaga kerja wanita di wilayah lain. Kepada peneliti selanjutnya diharapkan untuk lebih bisa mendalami penelitian mengenai kajian sejarah sosial ekonomi tenaga kerja wanita yang bekerja secara borongan pada sektor industri.