SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATAPELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS X IPS 2 SMA NEGERI 3 PASURUAN

Devie Tri Shintya

Abstrak


ABSTRAK

 

Shintya, Devie Tri. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matapelajaran Sejarah Siswa Kelas X IPS 2 SMA Negeri 3 Pasuruan. Skripsi, Jurusan Sejarah, Program Studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Aditya Nugroho Widiadi, S.Pd, M.Pd.

 

Kata kunci: reciprocal teaching, motivasi belajar, hasil belajar.

Perubahan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) menjadi Kurikulum 2013 terlihat dari proses pembelajaran tidak lagi berpusat pada guru (teacher centered active learning) tetapi berpusat pada siswa (student centered active learning). Perlu adanya interksi antara guru yang melaksanakan tugas mengajar di satu pihak, dengan siswa yang sedang melaksanakan kegiatan belajar di pihak lain. Pelajaran sejarah di SMA Negeri 3 Pasuruan mengunakan metode ceramah, peran siswa dalam proses pembelajaran sangat pasif, sehingga motivasi dan hasil belajar siswa menjadi rendah. Untuk itu dibutuhkan suatu variasi model pembelajaran yang efektif dan efisien dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa, salah satunya adalah model pembelajaran Reciprocal Teaching. Model pembelajaran Reciprocal Teaching adalah kegiatan pembelajaran yang berbentuk dialog antara guru dan siswa yang melibatkan proses berpikir siswa dalam memahami materi yang dipelajari. Dalam model pembelajaran ini, siswa melakukan pembelajaran berupa kegiatan mengajarkan materi kepada teman, sedangkan guru berperan sebagai fasilitator dan membimbing jalannya kegiatan.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar matapelajaran sejarah siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 3 Pasuruan melalui penerapan model pembelajaran Reciprocal Teaching. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan dua siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan refleksi yang dilakukan di setiap siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 3 Pasuruan berjumlah 38 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode dokumentasi, wawancara, angket motivasi, dan tes hasil belajar. Data yang diperoleh melalui metode dokumentasi dan wawancara dianalisis dengan teknik deskriptif-kualitatif, sedangkan data yang diperoleh melalui metode angket motivasi dan tes hasil belajar dianalisis dengan teknik deskriptif-kuantitatif.

Hasil yang didapat dari penelitian yang telah dilaksanakan menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Reciprocal Teaching dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar matapelajaran sejarah siswa kelas X IPS 2. Motivasi belajar siswa mencapai indikator keberhasilan yaitu ³70%. Hasil belajar siswa juga meningkat dari sebelum diberi tindakan dan sudah mencapai indikator keberhasilan di atas KKM 70.

 

Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Reciprocal Teaching dapat diterapkan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Untuk peneliti lain diharapkan dapat mengembangkan penelitian yang telah dilakukan ini agar sistem pembelajaran sejarah di sekolah lebih bervariasi untuk memperbaiki kekurangan dan memperoleh hasil yang lebih memuaskan.