SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perbedaan Minat Belajar Antara Siswa Yang Diajar Menggunakan Strategi Pembelajaran Card Sort Dengan Siswa Yang Diajar Menggunakan Strategi Pembelajaran Index Card Match Pada Matapelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Bululawang

Fitriyah Fajar Hariyanti

Abstrak


ABSTRAK

 

Minat belajar siswa dapat berpengaruh terhadap jalannya suatu proses pembelajaran. Siswa yang kurang memiliki minat belajar akan menghambat tercapainya tujuan pembelajaran. Selain kurangnya minat belajar siswa, kurangnya pemanfaatan strategi pembelajaran aktif, inovatif, dan menyenangkan juga menghambat proses pembelajaran. Untuk itu, guru dapat memanfaatkan strategi pembelajaran aktif untuk menumbuhkan minat belajar siswa. Strategi pembelajaran card sort dan index card match merupakan strategi pembelajaran yang aktif dan menyenangkan. Kedua strategi pembelajaran ini disajikan dalam bentuk permainan (games) yang menggunakan kartu sebagai medianya. Perbedaan kedua strategi ini terletak pada pelaksanaan atau langkah-langkah pembelajarannya. Pada strategi pembelajaran card sort setiap kelompok diberikan satu kotak kartu yang memuat informasi untuk dipilah dan dikumpulkan dalam satu kategori. Sedangkan strategi pembelajaran index card match setiap siswa diberikan satu kartu berupa pertanyaan atau jawaban untuk dicocokkan dengan kartu pasangannya.

Masalah yang dirumuskan pada penelitian ini adalah bagaimana perbedaan minat belajar antara siswa yang diajar menggunakan strategi pembelajaran card sort dengan siswa yang diajar menggunakan strategi pembelajaran index card match. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji perbedaan minat belajar antara siswa yang diajar menggunakan strategi pembelajaran card sort dengan siswa yang diajar menggunakan strategi pembelajaran index card match.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan model quasi experimental design. Desain eksperimen yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Desain. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Bululawang pada waktu semester genap tahun 2016/2017. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IX IIS 3 sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan menggunakan strategi pembelajaran card sort dan kelas XI IIS 4 sebagai kelas kontrol yang diberikan perlakuan menggunakan strategi pembelajaran index card match. Instrumen yang digunakan adalah instrumen perlakuan meliputi silabus, RPP strategi pembelajaran card sort dan strategi pembelajaran index card match, serta kartu yang digunakan dalam pelaksanaan strategi pembelajaran card sort dan strategi pembelajaran index card match. Instrumen pengukuran yang digunakan adalah angket minat belajar.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan minat belajar yang signifikan antara siswa yang diajar menggunakan strategi pembelajaran card sort dengan siswa yang diajar menggunakan strategi pembelajaran index card

match. Berdasarkan hasil analisis menggunakan independent t-test diperoleh nilai thitung sebesar 2,995 dan nilai signifikansi sebesar 0,004. Rata-rata gain score siswa yang menggunakan strategi pembelajaran card sort sebesar 15,86 lebih tinggi daripada siswa yang menggunakan strategi pembelajaran index card match sebesar 9,12.