SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Bahan Ajar Leaflet Dalam Pembelajaran Sejarah Untuk Kelas XI IPS Pada Materi Zaman Pendudukan Jepang Di Indonesia

Mu'azzizah Dara Shivana

Abstrak


ABSTRAK

Shivana, Mu’azzizah Dara. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Leaflet Dalam Pembelajaran Sejarah Untuk Kelas XI IPS Pada Materi Zaman Pendudukan Jepang Di Indonesia. Skripsi, Jurusan Sejarah,     Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Ari Sapto, M.Hum (2) Dr. Joko Sayono, M.Pd

 

Kata Kunci : pengembangan, bahan ajar, leaflet, pembelajaran sejarah

 

            Pembelajaran sejarah di sekolah bertujuan untuk melatih siswa berpikir kritis dan juga sebagai pembentukan identitas serta eksistensi bangsa. Namun, pada kenyataannya mata pelajaran sejarah memiliki persepsi yang kurang baik. Ketertarikan siswa terhadapmata pelajaran sejarah rendah. Sejarah dianggap sebagai salah satu mata pelajaran yang membosankan. Permasalahan tentang pembelajaran sejarah juga terkait dengan terbatasnya bahan ajar. Oleh karena itu, solusi atau alternatif yang disarankan oleh peneliti dalam meningkatkan pemahaman dan ketertarikan siswa terhadap matapelajaran sejarah yaitu melalui pengembangan bahan ajar. Tujuan penelitian ini yakni menghasilkan bahan ajar leaflet pembelajaran sejarah tentang zaman pendudukan Jepang di Indonesia untuk kelas XI IPS yang menarik dan efektif bagi siswa.

Model penelitian ini yakni metode penelitian dan pengembangan menurut Sugiyono. Adapun langkah pengembangan oleh Sugiyono (2012:409), antara lain: (a) potensi dan masalah yang ditemukan di sekolah, (b) pengumpulan data, (c) desain produk, (d) validasi desain yang dilakukan oleh ahli materi dan media, (e) revisi desain, (f) uji coba produk kelompok kecil, (g) revisi produk, (h) uji coba pemakaian/kelompok besar dilakukan di tiga SMAN yang ada di kabupaten Probolinggo, (i) revisi produk, dan (j) produk akhir.

            Hasil penelitian dan pengembangan ini berupa bahan ajar leaflet untuk kelas XI IPS yang menarik dan efektif. Berdasarkan hasil dari validasi desain diperoleh data hasil validasi oleh ahli materi dengan persentase 95% dan ahli media 80%. Hasil validasi tersebut menunjukkan bahan ajar leaflet layak dan bisa di uji coba, dari hasil uji coba kelompok kecil diketahui persentase 95%, uji coba pemakaian di SMAN 1 Tongas sebesar 90%, SMAN 1 Sumberasih 91%, dan dari SMAN 1 Sukapura diperoleh 91%. Tingkat kevalidan yang diperoleh pada saat uji coba menunjukkan bahwa bahan ajar leaflet ini dikatakan valid dan bisa diimplementasikan pada pembelajaran sejarah. Hasil belajar siswa juga menunjukkan tingkat keberhasilan dari pengembangan bahan ajar ini, saat uji kelompok kecil dari rata-rata 66 menjadi 89, uji coba pemakaian/kelompok besar di SMAN 1 Tongas dari 64 menjadi 90, SMAN 1 Sumberasih dari 61,25 menjadi 87, dan SMAN 1 Sukapura dari 60,2 menjadi 87.

            Setiap bagian dari bahan ajar leaflet tentunya tidak hanya disuguhkan dengan teori saja, namun dalam leaflet tersebut juga terdapat gambar dan didesain semenarik mungkin sehingga tidak terkesan monoton serta dapat membantu siswa dalam pemahaman terhadap materi. Sebagai saran pemanfaatan produk, guru disarankan menggunakan bahan ajar leaflet dalam pembelajaran sejarah. Bahan ajar ini bisa disebarluaskan ketika ada forum guru sejarah. Penyebarluasan tersebut bisa dilakukan dengan memberikan soft file nya untuk kemudian di cetak sendiri oleh guru. Pengembang berikutnya disarankan untuk mengembangkan leaflet dengan materi yang lain yang dikemas lebih bagus dan lebih menarik lagi.