SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN KOMIK SEJARAH BERBASIS WEBTOON DALAM APLIKASI LINE SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH PADA MATERI PERISTIWA RENGASDENGKLOK KELAS XI IIS 1 SMA NEGERI 7 MALANG

Muchammad Alfan Nurofi

Abstrak


ABSTRAK

Nurofi, Muchammad Alfan. 2017. Pengembangan Komik Sejarah Berbasis Webtoon dalam Aplikasi Line Sebagai Sumber Belajar Sejarah pada Materi Peristiwa Rengasdengklok Kelas XI SMA. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Aditya Nugroho Widiadi, S.Pd., M.Pd. (2) Dr. Ari Sapto, M.Hum.

Kata Kunci: Sumber Belajar Sejarah, Komik Sejarah, Line Webtoon, Peristiwa Rengasdengklok

Pemanfaatan sumber belajar sejarah sangatlah penting guna menciptakan pembelajaran yang efektif. Penggunaan sumber belajar sejarah akan lebih baik apabila melibatkan sesuatu yang modern dan akrab dengan siswa. Pemanfaatan sumber belajar sejarah yang modern tersebut telah dijumpai pada kelas XI IIS 1 SMAN 7 Malang yang telah menggunakan internet sebagai sumber dalam pembelajaran sejarah. Namun dengan digunakanya internet tersebut sebagian besar siswa justru menggunakanya untuk mengakses hal-hal lain seperti komik online. Melihat permasalahan dari kelas XI IIS 1 SMAN 7 Malang tersebut, Penelitian ini mengembangkan sebuah sumber belajar sejarah berupa komik sejarah berbentuk web komik atau webtoon menggunakan aplikasi LINE.

Penelitian dan pengembangan  ini dilakukan dengan tujuan, yaitu menghasilkan dan mengembangkan komik sejarah berbasis webtoon yang diakses melalui aplikasi LINE. Selanjutnya menguji efektifitas komik sejarah berbasis webtoon dalam aplikasi LINE sebagai sumber belajar sejarah pada materi peristiwa Rengasdengklok kelas XI SMA.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian dan pengembangan model prosedural. Langkah-langkah dalam penelitian dan pengembangan ini meliputi: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi produk; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; (8) uji coba pemakaian;( 9) revisi produk; dan (10) disseminasi.

Berdasarkan model penelitian dan pengembangan tersebut diperoleh hasil penelitian sebagai berikut. Pertama hasil uji coba validasi dari ahli media yang menyatakan 96,05% sedangkan hasil dari uji coba validasi oleh ahli materi mencapai 82,5%. Hasil dari kedua validasi tersebut menyatakan bahwa komik sejarah berbasis webtoon ini telah valid atau sesuai sebagai sumber belajar sejarah pada materi peristiwa Rengasdengklok untuk kelas XI SMA. Kedua, uji coba kelompok kecil yang dilakukan di kelas XI IIS 1 SMAN 7 Malang secara random kepada 10 orang siswa mendapatkan hasil 86%. Uji coba kelompok besar dilakukan di kelas yang sama dengan responden yang lebih besar yaitu 23 siswa menghasilkan nilai 87,39%. Hasil uji coba lapangan tersebut juga menyatakan bahwa komik sejarah berbasis webtoon ini telah masuk dalam kategori valid.