SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) MENGGUNAKAN MEDIA PERMAINAN SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA KELAS XI KEPERAWATAN (KPR) 2 PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMKN 11 MALANG TAHUN AJARAN 2016-2017

Putut Nugraha Wijaya

Abstrak


ABSTRAK

 

Wijaya,  Putut Nugraha. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Divisions (STAD) Menggunakan Media Permainan Scramble Untuk Meningkatkan Motivasi Siswa Kelas XI Keperawatan (KPR) 2 Pada Mata Pelajaran Sejarah di SMKN 11 Malang Tahun Ajaran 2016-2017. Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Aditya Nugroho Widiadi, S.Pd., M.Pd (2) Prof. Dr. Hariyono, M.Pd

Kata Kunci: Model Pembelajaran, STAD, Scramble, Media Permainan, Pembelajaran Sejarah, Motivasi Belajar Siswa.

Dalam kegiatan pembelajaran sering kali ditemui permasalahan. Salah satunya ialah rendahnya motivasi. Berdasarkan hasil observasi di kelas XI Keperawatan (KPR) 2 SMKN 11 Malang, ditemukan permasalahan tentang rendahnya motivasi belajar siswa dalam pelajaran sejarah. Terdapat siswa yang malas mengerjakan tugas. Saat kegiatan pembelajaran pun siswa terlihat pasif serta ada yang sibuk berbicara sendiri dengan teman sebangku. Didasarkan atas wawancara terhadap siswa kelas XI KPR 2, peneliti menyimpulkan bahwa permasalahan terletak pada kurangnya pemanfaatan model dan media pembelajaran.

Model pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Divisions (STAD) menggunakan media permainan Scramble dipilih karena pada dasarnya STAD dan Scramble bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar. Jenis penelitian ini ialah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dimana PTK ini pelaksanaannya meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Materi pada siklus I tentang perang melawan kolonialisme dan menganalisis tumbuhnya ruh kebangsaan dan Nasionalisme, sedangkan pada siklus II merupakan lanjutan dari menganalisis tumbuhnya ruh kebangsaan dan Nasionalisme.

Dari penelitian ini, dapat diketahui bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif STAD menggunakan media permainan Scramble mampu meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI KPR 2. Pada siklus I presentase motivasi belajar siswa sebesar 71% dengan kategori baik, meningkat menjadi 84% pada siklus II dengan kategori baik sekali. Maka dari itu, guru perlu memanfaatkan model atau media pembelajaran sebagai upaya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran sejarah, salah satunya yakni menggunakan model pembelajaran kooperatif STAD menggunakan media permainan Scramble.

 

ABSTRACT

 

Wijaya,  Putut Nugraha. 2017. The Implementation of Student Teams Achievement Divisions (STAD) Cooperative Learning Model Using a Media Game of Scramble to Improve Student Motivation in Class XI  Keperawatan (KPR) 2 in the Subject of History in SMKN 11 Malang School Year 2016-2017. Thesis, Department of History, Faculty of Social Science, State University of Malang. Advisors: (1) Aditya Nugroho Widiadi, S.Pd., M.Pd (2) Prof. Dr. Hariyono, M.Pd

Keywords: Learning Model, STAD, Scramble, Games Media, Teaching History, Student’s Learning Motivation.

In learning activities are often encountered problems. One of them is the low of motivation. Based on the results of class observation in XI Keperawatan (KPR) 2 SMK 11 Malang, it was found the problem about low of student motivation in the lesson of history. There are students who are lazy to do the task, students seemed to be passive during the learning activities and were busy to talk to their seatmates. Regarding to the interviews with the students of class XI KPR 2, the researcher concludes that the problem lies on the lack of utilization of learning models and media.

Cooperative learning model Student Teams Achievement Divisions (STAD) using the media game of Scramble was chosen, since basically STAD and Scramble aimed at increasing the motivation to learn. The type of this research is Classroom Action Research (CAR) which its implementation includes planning, implementation, observation and reflection. The material in the first cycle was about the fight against colonialism and analyzing the growth of the spirit of nationality and Nationalism, whereas in the second cycle was the continuation of analyzing the growth of the spirit of nationality and Nationalism.

From the results of this research, it could be concluded that the implementation of cooperative learning model STAD using media game of Scramble can improve students' motivation in class XI KPR 2. In the first cycle, the percentage of student motivation was 71% categorized as ‘good’, then increased to 84% in the second cycle, categorized as ‘very good’. Therefore, the teachers need to utilize the learning model or media to increase students' motivation in learning history, one of them is using cooperative learning model STAD using media game of Scramble.