SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Prezi pada Matapelajaran Sejarah untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X MM 3 di SMKN 10 Malang

Farisi Widodo

Abstrak


ABSTRAK

 

Widodo, Farisi. 2017. Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Prezi pada Matapelajaran Sejarah untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X MM 3 di SMKN 10 Malang. Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Marsudi, M.Hum.

 

Kata Kunci: media pembelajaran sejarah berbasis Prezi, motivasi belajar siswa

 

Pembelajaran sejarah merupakan salah satu pelajaran yang dianggap kurang menarik dan membosankan oleh siswa. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas X MM 3 SMKN 10 Malang, guru sering menggunakan media papan tulis sebagai alat bantu mengajar di kelas. Hal itu menyebabkan siswa kurang antusias dengan melakukan aktivitas lain seperti mengobrol dengan teman, mengantuk, melamun, bermain alat tulis, dan bermain handphone. Peneliti menyimpulkan bahwa motivasi belajar dikelas X MM 3 rendah. Solusi yang ditawarkan oleh peneliti yaitu dengan menggunakan media pembelajaran berbasis Prezi. Prezi merupakan sebuah perangkat lunak berbasis internet atau Software as a Service (SaaS) yang digunakan sebagai media presentasi dan juga alat untuk menuangkan berbagai ide di atas kanvas virtual. Media ini digunakan untuk membantu guru dalam menyampaikan materi melalui slide-slide pada media prezi.

Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1)bagaimana pelaksanaan pembelajaran sejarah dengan menggunakan media pembelajaran Prezi?; (2) bagaimana peningkatan motivasi belajar siswa di kelas X MM 3 SMKN 10 Malang dengan menggunakan media pembelajaran Prezi?.Penelitian ini menggunakan pendekatan tindakan kelas, dengan rincian prosedur penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, siklus I dengan dua kali pertemuan dengan materi kerajaan Demak dan Pajang, dan siklus II dua kali pertemuan dengan materi kerajan Mataram Islam dan Gowa-Tallo.

Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas ini diketahui bahwa persentase motivasi belajar siswa pada siklus I sebesar 74,51%, dengan rincian aspek perhatian 74%, keterkaitan 73%, kepercayaan diri 75%, dan kepuasan 77%. Motivasi belajar siswa pada siklus II sebesar 87,08%, dengan rincian aspek perhatian 87%, keterkaitan 86%, kepercayaan diri 86%, dan kepuasan 87%.

Melalui dua siklus tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran sejarah berbasis prezi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X MM 3 SMKN 10 Malang.Media pembelajaran berbasis Prezi ini dapat menjadi salah satu alternatif yang dapat digunakan oleh guru untuk mengajar dikelas.