SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kontribusi dr. R Sosodoro Djatikoesoemo Dalam Pelayanan Kesehatan Masyarakat di Rumah Sakit Umum Bojonegoro 1947-1951

Syayidah Aulia Lutfiana

Abstrak


ABSTRAK

 

Lutfiana, Syayidah Aulia. 2017. Kontribusi dr. R Sosodoro Djatikoesoemo Dalam Pelayanan Kesehatan Masyarakat di Rumah Sakit Umum Bojonegoro 1947-1951. Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Ari Sapto, M.Hum., (2) Drs. Marsudi, M.Hum.

 

Kata Kunci: kontribusi, sosodoro djatikoesoemo, pelayanan kesehatan

 

Kabupaten Bojonegoro memiliki salah satu rumah sakit yang berdiri tahun 1928. Pada waktu itu, rumah sakit di Bojonegoro hanya terdiri dari beberapa bilik saja. Seiring berjalanya waktu, rumah sakit ini mengalami perkembangan yang cukup baik. Kontribusi para dokter dan direktur rumah sakit sangat mempengaruhi pelayanan kesehatan di rumah sakit secara keseluruhan. Salah satu direktur yang mempunyai kontribusi penting terhadap pelayanan kesehatan masyarakat di Rumah Sakit Umum Bojonegoro adalah dr. R Sosodoro Djatikoesoemo. Merupakan salah satu putera daerah Kabupaten Bojonegoro yang pada waktu itu pernah menjadi dokter di Rumah Sakit Umum Bojonegoro pada tahun 1947 dan menjabat sebagai direktur kedelapan di Rumah Sakit Umum Bojonegoro pada tahun 1949-1951. Ketertarikan peneliti melakukan penelitian tersebut karena peneliti ingin mengangkat kiprah tokoh lokal yang berkontribusi dibidang kesehatan Kabupaten Bojonegoro.

Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan, penulis mengangkat rumusan masalah sebagai berikut: (1) bagaimana latar belakang kehidupan dr. R. Sosodoro Djatikoesoemo? (2) bagaimana aktivitas dr. R. Sosodoro Djatikoesoemo dibidang kesehatan? (3) bagaimana nilai-nilai pendidikan karakter dr. R Sosodoro Djatikoesoemo?

Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian historis yang terdiri dari heuristik, kritik sumber, interpretasi, dan historiografi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Sosodoro merupakan anak seorang Wedana di Blora Jawa Tengah yang dilahirkan pada tanggal 19 Agustus 1907 di Desa Widang, Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban. Sosodoro mengenyam pendidikan mulai pendidikan dasar hingga pendidikan kedokteran yaitu H.I.S, MULO, dan NIAS. Karir Sosodoro dibidang kesehatan dimulai dari menjadi dokter di Banjarmasin, dokter dan direktur di Rumah Sakit Umum Bojonegoro, DOKARES di Kediri, direktur di Rumah Sakit Umum Malang hingga menjadi dosen di STKM. (2) Aktivitas dokter Sosodoro Djatikoesoemo dalam pelayanan kesehatan di RSU Kabupaten Bojonegoro yaitu Sosodoro berkontribusi dalam memberantas wabah penyakit cacar di Kabupaten Bojonegoro, melakukan pengembangan rumah sakit, dan ikut serta berjuang untuk mengobati para pejuang kemerdekaan Republik Indonesia. (3) Nilai pendidikan karakter yang dapat dipelajari dari riwayat hidup Sosodoro Djatikoesoemo adalah nilai kedisiplinan, nilai peduli sosial dan nilai tanggung jawab.

Saran untuk peneliti selanjutnya dapat meneliti mengenai kontribusi Sosodoro Djatikoesoemo dibidang politik. Hal tersebut dikarenakan saat tinggal di Banjarmasin, Sosodoro mengikuti beberapa organisasi dibidang politik.