SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Media Pembela ja ran Teka Teki Silang Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Sejarah Kelas X - Ips3 Ma Sumber Bungur Pakong Tahun Pelajaran 2016/2017

Ahmad Amin Thohir

Abstrak


ABSTRAK

 

Thohir, Ahmad Amin. 2017. Penerapan Media Pembelajaran Teka-Teki Silang Untuk Meningkatkan Motivasi Dan  Hasil Belajar Sejarah Kelas X-IPS 3 MA Sumber Bungur Pakong Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi. Jurusan Sejarah FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing :Drs. Mashuri, M.Hum.

Kata Kunci:Media Teka-Teki Silang, Motivasi Belajar, Hasil Belajar.

Berdasarkan data yang telah diperoleh dari observasi awal, ditemukan permasalahan bahwa terdapat masalah tentang motivasi belajar siswa kelas X IPS 3 MA Sumber Bungur Pakong tergolong rendah. Hal itu dibuktikan dengan tidak semangatnya siswa ketika belajar, kurang konsentrasi, siswa sering mengobrol dengan teman-temannya ketika guru menjelaskan materi, dan jika guru memberikan tugas siswa jarang mengerjakan dan bahkan ada yang tidak mengumpulkan tepat waktu.

Di dalam proses belajar motivasi dan hasil belajar sangatdibutuhkan, sebab seseorang yang tidak mempunyai motivasi dalam belajar tidak akan mungkin melakukan aktifitas belajar. Selain itu motivasi diperlukan untuk meningkatkan hasil belajar. Peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran dapat dicapai melalui penerapan media pembelajaran teka-teki silang. Karena media ini merupakan media permainan yang dapat menarik minat siswa untuk belajar.

Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas dengan langkah : perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif dimana yang memberi tindakan dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran sejarah sendiri sedangkan peneliti bertindak sebagai observer dan penyedia kelengkapan pembelajaran yang akan digunakan selama proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan dikelas X IPS 3MA Sumber Bungur Pakong dengan jumlah siswa sebanyak 32 siswa dan dilakukan selama dua siklus. Instrumen yang digunakan yaitu format catatan lapangan, lembar observasi aktivitas guru dan siswa, lembar observasi motivasi siswa (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction).

Dari hasil penelitian yang telah terlaksana menunjukkan bahwa dalam kegiatan pembelajaran sejarah dengan penerapan media pembelajaran teka-teki silang dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar sejarah. Berdasarkan data hasil belajar siswa pada siklus I menunjukkan bahwa 21 siswa yang nilainya memenuhi KKM ≥ 79dengan persentase 71,64%. Hasil belajar tersebut mengalami peningkatan 40,39% dibandingkan dengan sebelum pemberian tindakan. Namun masih belum memenuhi target ketuntasan secara klasikal ≥ 80%. Dan hasil dari siklus II mengalami peningkatan dibandingkan dengan hasil belajar siklus I. Yang persentase ketuntasannya 65,62% Nilai hasil belajar kelas dikatakan belum mencapai hasil secara klasikal ketuntasan ≥80%. Berdasarkan hasil belajar dari siklus II tersebut, dapat dan nilai rata-ratanya 71,64. Dari hasil motivasi mengalami peningkatan yang sebelumnya 23.5% menjadi 43.3% di siklus I, dan mendapatkan hasil 76,8% di siklus II.