SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Digital History Timeline Berbasis Articulate Storyline 2 Materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia untuk Kelas XI SMKN 1 Udanawu Kabupaten Blitar

Imam Ropi'i

Abstrak


ABSTRAK

 

Ropi’i, Imam. 2017.  Pengembangan Media Pembelajaran  Digital  History Timeline Berbasis Articulate Storyline 2 Materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia untuk Kelas XI SMKN 1 Udanawu Kabupaten Blitar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Aditya Nugroho Widiadi, M.Pd.

 

Kata  Kunci: pengembangan, media pembelajaran, Digital History Timeline, Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

 

Sejarah Indonesia merupakan matapelajaran wajib pada jenjang Sekolah Menengah Atas pada sekolah yang menjalankan Kurikulum 2013. Pembelajaran sejarah akan kurang menarik jika hanya disampaikan secara verbal sehingga memerlukan media pembelajaran. Peran media pembelajaran dapat membuat pembelajaran lebih menarik dan merangsang peserta didik untuk belajar. Aspek waktu dan kemampuan berpikir kronologis merupakan unsur kompetensi yang penting dalam pembelajaran sejarah. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini menuntut pula pembelajaran yang berbasis digital. Oleh karena itu diperlukan media pembelajaran Digital History Timelineberbasis Articulate Storyline 2 yang memiliki karakteristik garis waktu digital yang memiliki elemen multimedia. Penelitian ini dilakukan di SMKN 1 Udanawu Kabupaten Blitar yang sudah memiliki fasilitas pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi yang memadahi.

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk membuat produk serta menguji efektivitas media pembelajaran Digital History Timeline Materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia untuk Kelas XI SMKN 1 Udanawu Kabupaten Blitar. Materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dipilih karena merupakan peristiwa penting yang menandai lahirnya negara Indonesia dan memiliki angka tahun yang lebih riil dibandingkan dengan periode sebelumnya. Program aplikasi Articulate Storyline 2  dipilih dalam mengembangkan media pembelajaran karena dilengkapi oleh berbagai fitur yang dapat menciptakan produk yang berbasis multimedia digital interaktif.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D). Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model prosedural dari Sugiyono. Tahap yang dilaksanakan peneliti adalah: (1) potensi dan masalah, (2) mengumpulkan informasi, (3) rancangan desain, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian, (9) revisi produk, dan (10) diseminasi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen angket. Desain uji coba yang dilakukan yaitu validasi materi, validasi media, uji coba kelompok kecil, dan uji coba kelompok besar.

Berdasarkan uji coba yang dilakukan, media pembelajaran Digital History Timeline Materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia mendapatkan hasil validasi materi sebesar 86% serta hasil validasi media sebesar 77%. Revisi desain dilakukan untuk menambah tingkat kemenarikan media pembelajaran. Kemudian hasil uji coba kelompok kecil mendapatkan rata-rata persentase 91%. Revisi produk dilakukan untuk meningkatkan kemenarikan produk.Hasil uji coba kelompok besar mendapatkan rata-rata persentase 90,93%. Hasil tes tertulis untuk menguji kemampuan berpikir kronologis mendapatkan rata-rata nilai 93,08.

Kajian produk yang telah direvisi menunjukkan bahwa media pembelajaran Digital History Timeline Materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia layak digunakan dan efektif untuk Kelas XI SMKN 1 UdanawuKabupaten Blitar. Kelebihan yang dimiliki media pembelajaran ini diantaranya (a) memiliki cara pengoperasian yang mudah, (b) ciri khas timeline menekankan pada aspek temporal yang dapat membantu pengguna untuk berpikir kronologis, (c) memiliki elemen multimedia yang membuat pembelajaran lebih menarik, (d) memiliki pola penyajian yang interaktif sehingga peserta didik dapat memberikan respon aktif sekaligus melatih pemahaman melalui latihan soal dan tantangan yang disediakan, dan (e) dapat digunakan secara fleksibel yang menyesuaikan fasilitas sekolah serta kondisi peserta didik. Kekurangan media pembelajaran ini adalah (a) tampilan yang tidak dapat dipebesar dan diperkecil, (b) masih kurang memperhatikan aspek spasial, dan (c) cakupan materi yang terbatas pada Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Saran tentang penggunaan yaitu pengguna harus membaca terlebih dahulu Buku Petunjuk Penggunaan yang disediakan. Saran diseminasi produk yaitu media pembelajaran ini dapat dibagikan secara gratis untuk keperluan pembelajaran sejarah. Saran untuk pengembangan produk lebih lanjut yaitu perlunya pengembangan produk serupa dengan bahasan materi yang lain serta perlu dikembangan timeline interaktif dalam kemasan android supaya dapat dibuka pada smartphone yang terus menyesuaikan perkembangan zaman.