SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PETAK-PETAK SEJARAH KERAJAAN DEMAK DI MA MA’ARIF AL FALAH PONOROGO

Zainal Abidin

Abstrak


ABSTRAK

 

Abidin, Zainal. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Petak-Petak Sejarah Kerajaan Demak di MA Ma’arif Al Falah Ponorogo. Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: I) Drs. Mashuri, M.Hum, II) Deny Yudo Wahyudi, S.Pd., M.Hum.

Pembelajaran sejarah sangat penting, pentingnya matapelajaran sejarah belum diimbangi dengan minat dari peserta didik, salah satunya di MA Ma’arif Al Falah. Di MA Ma’arif Al Falah media yang digunakan oleh guru hanya papan tulis saja, sehingga media yang digunakan kurang bervariasi. Kurang bervariasinya media pembelajaran yang mengakibatkan pemahaman peserta didik menjadi berkurang, sehingga di sini perlu dikembangkan media pembelajaran yang menarik.

Penelitian yang dilaksanakan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran permainan petak-petak sejarah Kerajaan Demak untuk peserta didik di MA Ma’arif Al Falah Ponorogo dan mengetahui efektifitas produk media permainan petak-petak sejarah Kerajaan Demak untuk peserta didik di kelas X di MA Ma’arif Al Falah Ponorogo.

Model penelitian yang dilakukan pada penelitian ini adalah model penelitian dan pengembangan. Adapun pada penelitian ini mengambil langkah-langkah yang telah dipaparkan oleh Sugiyono, yaitu: 1) potensi masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) revisi desain, 6) ujicoba produk (kelas kecil), 7) revisi produk, 8) uji coba pemakaian (kelas besar), 9) revisi produk.

Subjek penelitian pada penelitian ini di bagi menjadi dua, yaitu subjek validator dan subjek uji. Subjek validator pada penelitian ini adalah dosen sejarah, yaitu: Dr. Ari Sapto, M.Hum selaku validator materi dan Drs. Ismail Lutfi, M.A selaku validator media yang dikembangkan. Sementara subjek coba pada penelitian ini adalah peserta didik kelas X di MA Al Falah Ponorogo.

Hasil dari penelitian ini pada saat dilakukan validasi materi mendapatkan persentase 91,67% dan termasuk ke dalam kategori sangat baik dan tidak perlu ada revisi. Pada waktu dilakukan validasi media mendapatkan persentase 94,83% dan termasuk ke dalam kategori sangat baik dan tidak perlu ada revisi. Pada saat dilakukan uji coba produk kelas kecil rata-rata persentase yang diperoleh sebesar 88,28%, persentase tersebut termasuk dalam kategori sangat baik dan tidak perlu ada revisi. Saat dilakukan uji coba kelas besar dengan jumlah responden yang lebih banyak, yaitu 25 peserta didik, produk yang dikembangkan mendapatkan persentase kelayakan sebesar 92% dan termasuk dalam kategori sangat baik dan tidak perlu ada revisi. Berdasarkan persentase tersebut maka media yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Produk yang dikembangkan ini masih banyak kekurangan, maka diperlukan pengembangan lebih lanjut. Pada kartu-kartu pernyataan dan pertanyaan bisa ditingkatkan level pertanyaannya, sementara itu untuk mengatasi keterbatasan yaitu untuk mengantisipasi jika ada peserta didik yang mengalami buta warna bisa ditambahkan simbol-simbol tertentu.