SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Menggunakan Aplikasi Powtoon Berbasis Video Kelas X TGB 2 di SMKN 1 Singosari

Conita Zuraida

Abstrak


ABSTRAK

 

Zuraida, Conita. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Menggunakan Aplikasi Powtoon Berbasis Video untuk Kelas X TGB 2 di SMKN 1 Singosari. Skripsi. Program Studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Ismail Lutfi, M.A,

(II) Drs. Marsudi, M.Hum.

 

Kata Kunci: R&D, Media Pembelajaran, Aplikasi Powtoon, Motivasi Belajar

Pelajaran sejarah dianggap sebagai pelajaran yang membosankan, menghafal, dan membuat mengantuk. Seperti halnya pembelajaran sejarah yang ada di SMKN 1 Singosari kelas X TGB 2 yang mempunyai jam pelajaran sejarah terakhir, yakni jam ke 9-10 (13.45-15.15 WIB). Sebagian besar peserta didik di kelas X TGB 2 merasa bosan dan mengantuk karena guru cenderung bercerita selama jam pelajaran sejarah. Hal yang diceritakan pun tidak terfokus ke materi tapi menyangkut ke hal lainnya yang lebih kompleks. Guru juga pernah menggunakan media pembelajaran seperti power point, video, dan film, namun hal tersebut belum mampu membuat sebagian besar peserta didik X TGB 2 menjadi fokus dan tetap dirasa membosankan oleh peserta didik X TGB 2. Media pembelajaran yang digunakan guru terkesan monoton dan guru tetap sebagian besar menggunakan metode ceramah meskipun telah menggunakan media pembelajaran.

Tujuan penelitian dan pengembangan adalah menghasilkan sebuah produk berupa media pembelajarn, karena proses belajar mengajar dapat dicapai dengan baik bila ditunjang oleh beberapa faktor, antara lain media pembelajaran yang mampu membuat peserta didik memahami materi pelajaran. Maka dari itu, peneliti membuat media pembelajaran yang inovatif dengan menggunakan aplikasi Powtoon yang memiliki keunggulan di bidang animasinya. Tampilan slide dan berbagai fitur yang disediakan membuat Powtoon pantas dijadikan sebagai salah satu media pembelajaran di sekolah. Pengembangan media pembelajaran berbasis video dengan Aplikasi Powtoon ini untuk meningkatkan minat belajar peserta didik kelas X TGB 2 terhadap pelajaran sejarah, karena pelajaran sejarah dilaksanakan di jam terkahir dan melengkapi media pembelajaran sejarah yang pernah digunakan oleh guru.

Metode yang digunakan peneliti adalah mengutip dari R&D Sugiyono, namun hanya sampai langkah ke-9 saja yaitu, (1) potensi dan masalah, (2) mengumpulkan informasi, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) perbaikan desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian, (9) revisi produk. Hasil penelitian berupa media pembelajaran sejarah menggunakan aplikasi Powtoon ini, terbukti mampu memotivasi belajar peserta didik kelas X TGB 2 mengalami peningkatan 33%. Penilaian hasil motivasi, terdiri dari beberapa indikator motivasi yang meliputi, keaktifan, semangat, dan minat. Hasil validasi media dan validasi materi memperoleh presentase sebanyak 100% dan 90%.

Hal ini dapat disimpulkan, bahwa media pembelajaran menggunakan aplikasi Powtoon sangat efektif dan valid. Diharapkan dengan dibuat dan dikembangkannya media pembelajaran menggunakan Aplikasi Powtoon ini, dapat memberikan inspirasi pada para peneliti lain untuk mengembangkan media pembelajaran ini agar lebih inovatif dan variatif.