SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

pengembangan media pop up book tentang candi kidal dan candi jago di malang dalam materi indonesia zaman hindhu buddha untuk sma negeri 1 turen kelas x ips sejarah wajib

alkurotul ainiyah

Abstrak


ABSTRAK

 

Ainiyah, A. 2017. Pengembangan Media Pop Up Book Tentang Candi Kidal dan Candi Jago Di Malang Dalam Materi Indonesia Zaman Hindu Buddha untuk SMA Negeri 1 Turen Kelas X Sejarah Wajib. Skripsi, Jurusan Sejarah, Prodi Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Najib Jauhari, S.Pd., M.Hum

 

Kata Kunci: Pengembangan, media, pop up book, Candi Kidal dan Candi Jago

Matapelajaran sejarah memiliki materi pembahasan tentang masa lalu. Dalam hal ini guru dituntut untuk berkreasi dalam menyampaikan materi agar siswa tertarik dalam belajar sejarah. Pada zaman sekarang, guru dapat menggunakan media berupa cetak maupun elektronik. Seperti halnya media cetak berupa pop up book. Pop up book adalah media cetak yang menampilkan gambar tiga dimensi. Gambar yang ditampilkan disertai dengan penjelasan sehingga membuat siswa tertarik dalam belajar.

Pop up book ini dikembangkan untuk sejarah wajib dalam materi Indonesia zaman Hindu Buddha dengan materi pokok yaitu Candi Kidal dan Candi Jago. Pemilihan materi ini berdasarkan pada pengenalan hasil kebudayaan kerajaan Hindu Buddha di Indonesia khususnya di Malang dan masih ada hingga saat ini. Materi yang dipaparkan masuk dalam KD 3.6 yaitu menganalisis perkembangan kehidupan masyarakat, pemerintahan, dan budaya  pada masa kerajaan-kerajaan Hindu dan Buddha di Indonesia serta menunjukkan contoh bukti-bukti yang masih berlaku pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan menurut Sugiyono. Metode ini memiliki sepuluh tahapan, namun dalam penelitian ini hanya menggunakan 9 tahap yaitu: (1) Potensi dan masalah, (2) Mengumpulkan informasi, (3) Desain produk, (4) Validasi desain, (5) Perbaikan desain, (6) Uji coba produk, (7) Revisi produk, (8) Uji coba pemakaian, (9) Revisi produk. Instrumen dalam penelitian adalah berupa lembar validasi ahli materi dan media, serta menggunakan angket respon siswa.

 

Melalui validasi oleh dosen ahli materi diperoleh persentase sebesar 95,4% dan validasi oleh guru ahli materi sebesar 90%. Sedangkan validasi oleh ahli media diperoleh persentase sebesar 96,6%. Uji coba produk yang telah dilakukan di SMA Negeri 1 Turen kelas X IPS diperoleh hasil angket untuk kelompok kecil adalah 90% dan kelompok besar adalah 94,2%. Kesimpulan yang diperoleh dari perolehan persentase tersebut bahwa media pop up book yang dikembangkan sangat valid, sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas. Penulis berharap akan ada pengembangan berupa pop up book selanjutnya dengan gambar yang lebih menarik.