SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Kartu Remi Sejarah Pada Pembelajaran Sejarah Materi Kerajaan Hindu-Budha di Indonesia Kelas XI SMA Negeri Ambulu Jember

angelina rizky vitasari

Abstrak


ABSTRAK

 

Pembelajaran sejarah dalam kelas perlu adanya inovasi untuk meningkatkan ketertarikan siswa terhadap matapelajaran sejarah yang selama ini dikenal dengan matapelajaran yang membosankan. Salah satu saran untuk menciptakan pembelajaran yang menarik bagi siswa yaitu dengan mengembangkan media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran di kelas. Kartu remi sejarah merupakan salah satu media pembelajaran yang diharapkan meningkatkan ketertarikan siswa terhadap matapelajaran sejarah.Kartu remi sejarah merupakan kartu remi yang dikembangkan agar dapat diterapkan dalam pembelajaran sejarah. Kartu remi sejarah merupakan media pembelajaran yang dikembangkan mengacu pada tujuan pembelajaran. Pada kartu remi sejarah memuat materi masa kerajaan Hindu-Budha di Indonesia.

Tujuan dari penelitian dan pengembangan antara lain: (1) menghasilkan  media pembelajaran kartu remi sejarah yang layak menurut ahli media dengan materi kerajaan Hindu Budha di Indonesia yang akan diterapkan di kelas XI  SMA Negeri Ambulu, (2) menghasilkan  media pembelajaran kartu remi sejarah yang layak menurut ahli materi dengan materi kerajaan Hindu Budha di Indonesia yang akan diterapkan di kelas XI  SMA Negeri Ambulu. Metode yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini yaitu menggunakan model pengembangan dari Sugiyono.

Model pengembangan dari Sugiyono meliputi beberapa tahapan diantaranya: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) uji coba pemakaian, (6) revisi produk, (7) uji coba produk, (8) revisi desain, (9) revisi produk, (10) produksi massal. Validasi desain dilakukan oleh validator ahli media dan validator ahli materi. Sedangkan uji coba pemakaian dan uji coba produk menggunakan angket respon dari peserta didik. Jenis dan analisis data pada penelitian ini dibedakan menjadi dua yaitu data kuantitatif dan data kualitatif.

 

Berdasarkan hasil validasi ahli media memperoleh persentase 93%. Sedangkan hasil validasi dosen ahli materi memperoleh persentase sebesar 94% dan hasil validasi guru ahli materi memperoleh persentase sebesar 100%. Pada tahap uji coba pemakaian (kelompok kecil) diperoleh persentase sebesar 82%. Pada tahap uji coba produk (kelompok besar) diperoleh persentase sebesar 81%. Berdasarkan analisis hasil validasi dan uji coba, kriteria penilaian termasuk pada kriteria sangat valid. Dengan hal tersebut, media kartu remi dapat dinyatakan layak digunakan dan diterapkan dalam proses pembelajaran sejarah dalam kelas.