SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Dinamika Kriminalitas di Kota Malang Tahun 1950-2015

Khoirul Jannah

Abstrak


ABSTRAK

 

Jannah, Khoirul. 2017. DinamikaKriminalitas di Kota Malang Tahun 1950-2015.

Skripsi, JurusanSejarah, FakultasIlmuSosial, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. SlametSujudPurnawanJati, M.Hum., (2) Drs. Mashuri, M.Hum.

 

Kata Kunci: dinamika, kriminalitas, Kota Malang

Kota Malang merupakankotaterbesarkedua di JawaTimur yang memilikikemajuanyang pesat. Perencanaankota yang tertuangdalamkonsep Tri BinaCita Kota Malang (Kota Pendidikan, Industri, danPariwisata) telahmembawa Malang menjaditujuanbagiparapendatangdariluarkotamaupunluardaerah. Selainitu, pembangunan Kota Malang semakinmenunjukkanperkembangannyajikadilihatdarikurunwaktutigaperiodepemerintahan di Indonesia yaituOrde Lama, OrdeBaru, danPeriodeReformasi.Perkembangantersebuttelahmenyebabkantingginyaangkamigrasimaupunurbanisasi.Selainitu, perkembangan yang terjaditidakhanyamembawadampakpositif, tetapijugadampaknegatif yang berkepanjangansepertimeningkatnyakasuskriminalitas.Perkembangankotamemangselalumelahirkansisikelamkehidupansosial. Kriminalitas di Kota Malang telahterjadibahkansebelumperiodetersebut.Namunpadaperiodesebelumnya, kriminalitas yang terjadimasihterbataspadakasus yang bersifatkonvensionalberbedahalnyadengankasus yang terjadisekarang.

Berdasarkanlatarbelakangyang telahdiuraikan,penulismengangkatrumusanmasalahsebagaiberikut: (1) bagaimanalatarbelakanghistoriskriminalitas di Kota Malang? (2) bagaimanadinamikakriminalitas di Kota Malang tahun 1950-2015dalamperspektifsejarah?

Metode yang digunakandalampenelitianiniyaitumetodepenelitianhistoris yang terdiridaripemilihantopik, pengumpulansumber (heuristik), kritiksumber (verifikasi), interpretasi (analisisdansintesis), danhistoriografi (penulisansejarah).

Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapenyebabkasuskriminalitasterutamakarenasemakinmeningkatnyajumlahpenduduk.Sektorindustri yang adabelummampumenyerapseluruhtenagakerja, sehinggabeberapakelompok yang terpinggirkanterpaksamencaripendapatandengancara yang salah. Selainitu, komposisipenduduk yang heterogendanmajemuktelahmemberikanpengaruhpadatimbulnyagesekan dikalanganmasyarakat.

Adapunkasuskriminalitas yang terjaditerusmengalamiperkembangan yang lebihkompleks.JikapadamasaOrde Lama (1950-1966), kasuskriminalitas yang terjadimasihterbataspadakasus-kasus yang bersifatkonvensionalsepertihalnyapencuriandanperampokan.MasaOrdeBaru (1966-1998)kasuskriminalitasmulailebihkompleksjenisnya,bukanlagitindakan yang bersifatkonvensionaltetapijugagangguanterhadapkeamanandanketertiban, sepertihalnyaancamandanteror, selainitupadaperiodeinibanyakterjadipenyelewengan yang dilakukanolehpemerintah.Memasuki era Reformasi (1998-2015), kasus yang terjadimenjadisemakinkompleks.Pesatnyaarusglobalisasidibarengidenganperkembanganteknologi yang semakinmajutelahmelahirkankasusyang lebihkompeksjenisnyasepertinarkobasertapenipuandanprostitusionline.AdapunperanpemerintahKota Malang dalammenanganikasuskriminalitastersebutadalahterdiridarikepolisian yang bertugassebagaipenyelidiksekaliguspenyidik, Jaksasebagaipenuntut, dan hakimsebagaipemutussuatuperkara.