SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Media Kartu Yugioh Sejarah Dalam Pembelajaran Sejarah Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas XI IIS SMA Negeri 1 Lawang Kabupaten Malang

Slamet Rohman

Abstrak


ABSTRAK

 

Rohman, Slamet. 2017. Penerapan Media Kartu Yugioh Sejarah Dalam Pembelajaran Sejarah Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas XI IIS SMA Negeri 1 Lawang Kabupaten Malang. Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing I: Aditya Nugroho Widiadi, S. Pd., M. Pd, Pembimbing II: Deny Yudo Wahyudi, S. Pd., M. Hum.

 

Kata Kunci:pembelajaran sejarah, media kartu yugioh sejarah, keaktifan siswa

Permasalahan keaktifan siswa dalam pembelajaran tidak terjadi pada satu mata pelajaran semata. Mata pelajaran sejarah merupakan salah satu pelajaran yang sering mengalami situasi dan kondisi pembelajaran yang pasif. Berdasarkan Observasi awal yang telah dilakukan di kelas XI IIS SMA Negeri 1 Lawang Kabupaten Malangjuga menunjukkan adanya permasalahan keaktifan siswa dalam pembelajaran sejarah. Observasi awal yang telah dilakukan menunjukkan bahwa dari lima kelas yang ada di XI IIS, permasalahan keaktifan siswa dalam pembelajaran sejarah yang terendah terjadi di kelas XI IIS 3. Siswa masih belum terlihat aktif dalam proses pembelajaran sejarah berlangsung karena hanya memperlihatkan kegiatan belajar seperti melihat dan mendengarkan penjelasan guru. Permasalahan keaktifan siswa di kelas XI IIS 3 terjadi karena guru tidak menerapkan media yang dapat membuat siswa menjadi lebih aktif dalam belajar sejarah di dalam kelas.

Berdasarkan permasalahan dan penyebab yang terjadi, dapat diketahui bahwa media pembelajaran menjadi dasar permasalahan keaktifan siswa di kelas XI IIS 3 dapat terjadi. Maka dari itupeneliti memberikan solusi dengan menerapkan media kartu yugioh sejarah dalam pembelajaran sejarah di kelas XI IIS 3. Pemilihan media kartu yugioh sejarah didasarkan pada kedekatan siswa terhadap media tersebut, karena media kartu yugioh sejarah dibuat dengan mengadaptasi dari kartu yugioh asal Jepang yang dikenal luas oleh berbagai kalangan termasuk siswa kelas XI IIS 3.Penerapan media kartu yugioh sejarah di kelas XI IIS 3 SMA Negeri 1 Lawang dilakukan untuk memperbaiki atau meningkatkan kekatifan siswa dalam proses pembelajaran sejarah di dalam kelas. Maka penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar sejarah melalui penerapan media kartu yugioh sejarah.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (PTK), dengan rincian prosedur penelitian yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Fokus subjek yang diteliti pada penelitian ini yaitu guru dan siswa, terutama sekali keaktifan siswa dalam proses pembelajaran dengan menggunakan media kartu yugioh sejarah berlangsung. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus dengan materi terkait KD 3.4 menganalisis hubungan perkembangan faham-faham besar seperti Nasionalisme, Sosialisme, Demokrasi, Pan-Islamisme, dengan gerakan nasionalisme di Asia dan Afrika. Kompetensi dasar yang telah ditentukan menyesuaikan dengan materi yang berlaku di kelas XI IIS 3.

Pada siklus I rata-rata tingkat keaktifan siswa berjumlah 72%, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 81%. Peningkatan antara siklus I menuju siklus II diketahui sebesar 9 %. Aspek visual pada siklus I memperoleh skor 80% dan meningkat pada siklus dua dengan jumlah skor 90%, aspek lisan pada siklus I mendapat skor 72% dan meningkat pada siklus II dengan perolehan skor 78%, aspek mendengar pada siklus I memperoleh skor 99% dan meningkat pada siklus II 100%, aspek menulis pada siklus I memperoleh skor 55% dan meningkat pada siklis II 79%, aspek gerak pada siklus I memperoleh skor 62% dan meningkat pada siklus II dengan perolehan skor 69%, aspek mental pada siklus I memperoleh 68%  dan meningkat pada siklus II dengan perolehan skor 73%, aspek emosional pada siklus I memperoleh skor 68% dan meningkat pada siklus II dengan perolehan skor 80%. Berdasarkan perolehan skor tersebut dapat diketahui bahwa media kartu yugioh sejarah mampu meningkatkan keaktifan siswa.

Rohman, Slamet. 2017.The Use Of History Yugioh Card As Learning Media In History Education To Improve Student Activity At The 11st Grade Iis 3 In SMAN 1 Lawang Malang Regency. Thesis, History Departement, Faculty of Social, State University of Malang. Supervisors I: Aditya Nugroho Widiadi, S. Pd., M. Pd, Supervisors II: Deny Yudo Wahyudi, S. Pd., M. Hum.

 

Key Word: historical learning, yugioh card media of history, student’s activity

Problem of student’s activity in learning not only happen in one lesson. History lesson is one of kind lesson that often experince of situation and condition the passive learning. Based on early observation that held in grade 11st IIS SMAN I Lawang Malang regancy also shown a problem of student’s activity in historical learning. Early observation has been held indicated that from five classes on grade 11st IIS, student’s activity problem in historical learning that lower is grade 11st IIS 3. Student still look active yet in historical learning process because only show study activity like looked and listened of teacher’s explanation. Problem of student’s activity in grade 11st IIS 3 has occured because teacher not use media that can make the student become more active in historical learning in the class.

Based on problem and causes that occured, can now that media learning become a basis for problem of student’s activity in grade 11st IIS 3can happen. So, from that researcher give a solution with use yugioh card Media of history in historical learning in grade 11st IIS 3. Selection of yugiohcard of history based on student’s closeness to this media, because yugioh card Media of history maked by adaptation from yugioh card from japan that known for multiple circle include student in grade 11st IIS 3. Use yugioh card media of history in 11st grade IIS 3 in SMAN 1 Lawang was implement for repair or increase student’s activity in process of historical learning in class. So, This research has purpose to increase student’s activity in historical learning through by assembling yugioh card media of history.

This research use research of class action approachment, with details of research prosedure are plan, action, observe, reflection. Focus of subject that reseached in this research are teacher and student, especially student’s activity in historical learrning with use yugioh card media of history. This research has two cycle with KD 3.4 analyze context development of big concept as nationalism, socialism, democration, Pan-Islamisme, with nationalism movement in Asian and Afrika.Basis competence that given adjust with matter that occur in grade 11st IIS 3.

 

At yhe 1st cycle average of student’s activity is 72%, and then at 2nd cycle has increase to 81%. This increase between 1st  cycle to 2nd cycle is 9%. Visual aspect at 1st  is 80% has increase to 90% at 2nd cycle. Spoken aspect at 1st  is72% has increase to 78% at 2nd cycle. Listening aspect at 1st  is 99% has increase to 100% at 2nd cycle. Writing aspect at 1st  is 55% has increase to 79% at 2nd cycle. Kinetic aspect at 1st  is 62% has increase to 69% at 2nd cycle. Rebound aspect at 1st  is 68% has increase to 73% at 2nd cycle. Emotional aspect at 1st  is 68% has increase to 80% at 2nd cycle. Based on this score can know that yugioh card media of history can increase student’s activity at the 11st Grade IIS 3 in SMAN 1 Lawang Malang regency