SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah “Peta Bajak Laut” untuk Meningkatkan Motivasi Belajar di Kelas XI SMAN I Babadan Ponorogo

SUCI SURYANING DIAS

Abstrak


ABSTRAK

 

Pembelajaran sejarah memiliki cakupan materi yang cukup luas sehingga guru dituntut untuk dapat menyampaikan materi yang tercantum dalam silabus dengan waktu yang efisien. Dalam pembelajaran sejarah masih ada sebagian peserta didik yang kurang termotivasi belajar sejarah. Masalah tersebut dapat diatasi dengan menggunakan media dalam proses pembelajaran sejarah. Peneliti mengembangkan media pembelajaran sejarah berupa media cetak dengan nama“Peta Bajak Laut”. Media ini berupa media permainan dengan pembelajaran sambl bermain peserta didik termotivas belajar sejarah. Sebab  pembalajaran sejarah disampaikan dengan cara yang menyenangkan.

Penelitian pengembangan media ini diterapkan pada kelas XI jurusan MIA di SMAN 1 Babadan Ponorogo. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mengembangkan produk berupa media pembelajaran sejarah berbasis permainan “Peta Bajak Laut” dengan materi proses masuk dan berkembangnya penjajahan bangsa Barat di Indonesia untuk Kelas XI SMAN 1 Babadan Ponorogo. Indikator yang digunakan untuk mengetahui mengetahui efektivitas penggunaan media adalah peningkatan motivasi belajar peserta didik.

 

Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian pengembangan yang digunakan oleh Sugiyono. Data hasil penelitian  didapatkan dari wawancara, hasil angket, observasi, validasi media, validasi materi, hasil uji coba pemakaian dan hasil uji coba produk. Hasil validasi media yang dinilai oleh ahli media menadapat skor 97,5%, sedangkan validasi materi yang dinilai oleh ahli materi mendapat skor 95%. Berdasarkan kriteria validitas yang dikembangkan oleh Arikunto dinyatakan bahwa media ini valid. Desain uji coba dilakukan dengan cara membandingkan penggunaan media terdahulu, dalam uji coba produk dan uji coba pemakaian. Indikator yang digunakan dalam uji coba adalah peningkatan motivasi. Uji coba produk menunjukan perbedaan skor sebesar 4%, hasil ini diperoleh dari penggunaan permaianan “Peta Bajak Laut” dalam uji coba produk sebesar 75% dan uji coba pemakaian sebesar 79%. Uji coba produk dan uji coba pemakaian menunjukan adanya peningkatan skor motivasi sehingga dapat disimpulkan bahwa media ini efektif untuk digunakan.