SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Relief CeritaBubuksah-GagangAking di BaturPendapaCandiPanataranBlitardanNilaiPendidikanKarakter

DWI NUR FUAD

Abstrak


ABSTRAK

 

Penelitianinidilatariolehadanyanilaipendidikankarakteryang terpahatpadapanil relief cerita di beberapacandi, yaitu relief ceritaBubuksah-GagangAking di baturpendapaCandiPanataran.Pemahatan relief ceritaBubuksah-GagangAkingdigunakansebagaisuatu media dalampenyampaianpesannilaipendidikan, khususnyapendidikankarakter.CeritaBubuksah-GagangAkingmerupakansalahsatuceritarakyat popular padamasaMajapahit, dibuktikandengandipahatkannyapadabangunansuci, misalnya di CandiSurowono, CandiPanataran, dan di CandiGambarWetan.Pemilihan relief Bubuksah-GagangAking di baturpendapakarenalengkapdalammenggambarkancerita.Berdasarkankelengkapannya, makaCandiPanatarandipilihuntukditelitilebihlanjutuntukmenggalinilai-nilaipendidikankarakterpada relief ceritaBubuksahGagangAking di baturpendapaCandiPanataran.

Tujuandaripenelitianadalah (1) mengetahuiarticeritarelief Bubuksah-GagangAking di baturpendapaCandiPanataranBlitar, (2) menjelaskannilaipendidikankarakterdalam relief ceritaBubuksah-GagangAking di baturpendapaCandiPanataranBlitar.

Metode yang digunakanuntukmenganalisis data tersebutyaitudenganmengumpulkan data lapangandanmelakukanpengambilan data fotopada relief ceritaBubuksah-GagangAking di baturpendapaCandiPanataran.Selainitu, penelitimelakukanpengumpulan data pustaka, selanjutnyadianalisis, dan diinterpretasi.PenelitimembandingkanantaraceritaBubuksah-GagangAking yang beradapadateksdan relief Bubuksah-GagangAking di baturpendapaCandiPanataran.Denganmelakukanperbandinganpadakeduaobjektersebutdiketahuiadanyaperbedaandanpersamaan, baik di dalamteksmaupun di dalam relief.

 

Hasilpenelitianinimeliputibeberapahalberikutini.Pertamaadalah relief ceritaBubuksah-GagangAkingmerupakancerminantentanghubungandua agama yang disimbolkanpendeta Buddha danpendetaSiwa yang hidupberdampinganpadamasaMajapahitsertakedua agama inidigambarkandalamkesatuan, namunkeikhlasanbatinmanusiaitusendiri yang akanmenentukantingkatkesalehannyamenujukebenarantertinggi. Kedua, dalam relief ceritaBubuksah-GagangAkingterdapatnilaipendidikankarakter yang dapatdiambilsepertikarakterreligius, toleransi, disiplin, mandiri, rasa ingintahu, tanggungjawab, kerjakeras, bersahabat/komunikatif, sertapedulisosial.