SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Flap Book Tentang Relief Tantri Kamandaka Di Candi Jago Sebagai MediaPembelajaran Sejarah Untuk Siswa SMA

Nur Annisa Widia Iswara

Abstrak


ABSTRAK

Sebagai matapelajaran yang penting, Sejarah seharusnya memiliki media pembelajaran yang bervariasi dan dapat meningkatkan motivasi dalam proses pembelajaran. Media pendukung pembelajaran Sejarah yang telah ada sampai saat ini di sekolah tempat meneliti hanya terdapat; peta, globe, dan power point. Maka dengan ini peneliti akan mengembangkan sebuah media pembelajaran yang belum pernah digunakan dalam matapelajaran sejarah, yaitu media pembelajaran flap book.

Flap book dikembangkan untuk matapelajaran sejarah bagi siswa SMA kelas X, dengan materi Relief Tantri Kamandaka di Candi Jago, yang masuk pada KD 3.6 dan 4.6. Alasan memilih materi ini karena Candi Jago merupakan salah satu dari peninggalan kerajaan Hindu-Buddha, yaitu kerajaan Singhasari. Media pembelajaran berbentuk Flap Book, dapat digunakan sebagai penunjang dalam pembelajaran dikelas, untuk memperjelas penjelasan guru, terutama mengenai peninggalan sejarah. Selain itu juga untuk menarik minat siswa dalam belajar sejarah, dengan menggunakan media yang baru.

Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan menurut Sugiyono,diantaranya: (1) Potensi dan masalah; (2) Pengumpulan Data; (3) Desain Produk; (4) Validasi Desain; (5) Revisi Desain; (6) Ujicoba produk; (7) Revisi Produk; (8) Ujicoba pemakaian; (9) Revisi Produk; (10) Produk Masal. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa lembar validasi ahli materi dan media, serta angket respon siswa terhadap media dan motivasi belajar sejarah.

Melalui penelitian yang telah dilakukan dikelas X IPS SMA Negeri 1 Singosari, diperoleh hasil dari angket respon siswa ujicoba produk (kelompok kecil) sebesar 78,31%, dan hasil dari angket motivasi siswa terhadap penggunaan media flap book Tantri Kamandaka sebesar 88,9%. Untuk hasil dari angket respon siswa ujicoba produk (kelompok besar) sebesesar 73,36% dan hasil angket motivasi siswa terhadap penggunaan media flap book Tantri Kamandaka sebesar 81,23%.

 

Kesimpulan yang diperoleh dari perolehan presentase diatas menyatakan bahwa media pembelajaran flap book Tantri Kamandaka yang dikembangkan valid dan sangat baik untuk meningkatkan motivasi belajar sejarah, sehingga dapat digunakan dalam media pembelajaran dikelas. Penulis menyarankan bahwa perlu dilakukan penelitian pengembangan selanjutnya pada media pembelajaran flap book untuk materi sejarah yang lain. Serta penelitian selanjutnya harus dapat  menyajikan gambar flap book yang lebih menarik dan interaktif.