SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peranan Museum Ullen Sentalu Yogyakarta sebagai Jendela Kebudayaan Jawa serta Manfaat Edukasinya dalam Pembelajaran Sejarah

Nurul Anisa

Abstrak


ABSTRAK

 

Museum merupakan salah satu kekayaan pusaka budaya bangsa yang di dalamnya terdapat peninggalan budaya dan sejarah bangsa, sehingga museum menjadi garda terdepan dalam menyajikan potensi warisan budaya baik tangible maupun intangible untuk membantu masyarakat melihat sekaligus memahami budaya dan identitas sejarah mereka. Teknik penyajian museum di Indonesia masih dirasa sering tertinggal dari cara-cara penyajian media kultur yang lain.

Penelitian ini dilakukan di Museum Seni dan Budaya Jawa Ullen Sentalu dengan tujuan untuk mendeskripsikan latar belakang dan perkembangan museum tersebut serta menjelaskan peranan Manfaat Ullen Sentalu sebagai jendela kebudayaan Jawa serta manfaat edukasinya dalam pembelajaran sejarah.

Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian sejarah agar supaya penelitian ini lebih terarah dan terhindar dari subyektifitas sejarawan. Adapun metode penelitian sejarah ini terdiri dari lima tahap yaitu: pemilihan topik, pengumpulan sumber (heuristik), verifikasi atau kritik (kritik ekstern dan kritik intern), interpretasi (analisis dan sintesis), dan penulisan (historiografi).

Latar belakang berdirinya Museum Ullen Sentalu ini dimulai dari suatu gagasan yang muncul di tengah proses pencarian jatidiri keluarga Haryono yang begitu resah akan keberlangsungan batik-batik kuno yang nyaris habis karena diburu oleh kolektor asing. Selain dilatarbelakangi oleh tujuan menyelamatkan batik, berdirinya museum ini juga dilatarbelakangi oleh cita-cita mereka dalam upaya mewujudkan dan melestarikan peradaban seni dan budaya Jawa.

Sejak diresmikan pada tahun 1997, museum ini mengalami beberapa kali pembangunan yang terbagi menjadi beberapa tahap di antaranya tahun 1997-2002 adanya penambahan ruang tata pamer, serta penambahan koleksi yang dihibahkan langsung dari keluarga keraton, tahun 2003-2007 perluasan bangunan, tahun 2008-2013 penambahan fasilitas umum, serta dalam perkambangannya mesuem ini semakin dikenal dan banyak dikunjungi pengunjung yang berasal dari beragam kalangan, mulai dari pelajar, mahasiswa, wisatawan domestik dan wisatawan asing.

 

Peranan Museum Ullen Sentalu sendiri bertugas melestarikan budaya serta memperkenalkan budaya pada masyarakat. Konsep “Jendela” yang diterapkan Museum Ullen Sentalu dimaksudkan agar museum ini mampu membuka celah untuk menunjukkan tentang proses peradaban masyarakat Jawa bersumber pada keraton dan istana Mataram, seperti lukisan, kain batik, gamelan, dan beragam tarian. Manfaat edukasinya menjadi salah satu pilihan media pembelajaran, yang dapat menumbuhkan minat siswa dan menciptakan pembelajaran sejarah agar tidak membosankan. Siswa yang telah mendapatkan materi atau pelajaran disekolah secara abstrak akan dapat memahami materi tersebut secara nyata.