SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) INOVASI ULAR-ULARAN PEMBELAJARAN SEJARAH UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI PERISTIWA SEKITAR PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA KELAS XI IPA 5 MAN 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017

Kyky Miftakhul Jannah.

Abstrak


ABSTRAK

 

Permasalahan dalam penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa kelas XI IPA 5 dalam pembelajaran sejarah ternyata masih kurang memahami materi sejarah. Siswa belum mampu menggali dan menjelaskan materi yang diberikan guru. Permasalahan siswa dalam memahami materi sejarah tersebut disebabkan karena kurang optimalnya penerapan model kooperatif, siswa dalam pembelajaran kurang aktif dan kurang memiliki keinginan untuk mewujudkan persaingan yang kompetitif. Siswa sekedar menerima pengetahuan yang diberikan guru namun belum mampu menjelaskanapa yang dipelajarinya, mengetahui apa yang dikomunikasikan dengan bahasa sendiri. Untuk mengatasi permasalahan tersebut salah satunya adalah menerapkan model pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang materi sejarah dan mendorong siswa untuk berani berkompetisi. Penerapan model model teams games tournament inovasi ular-ularan menjadi solusi dalam permasalahan pembelajaran ini. Siswa ketika proses teams dengan model ular-ularan bertujuan sebagai pendalaman materi yang dilakukan dengan bergerak dengan pola mengular. Fungsi teams sebagai persiapan anggota kelompok agar bekerja dengan baik dan optimal pada saat games danturnament. Kompetisi saat games tournament dalam pembelajaran juga dibutuhkan siswa untuk menguji pengetahuan siswa. Rumusan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model TGT inovasi ular-ularan di kelas XI IPA 5 MAN 1 Surakarta dan bagaimanakah peningkatan pemahaman materi sekitar peristiwa proklamasi kemerdekaan Indonesia setelah penerapan model TGT inovasi ular-ularan di kelas XI IPA 5 MAN 1 Surakarta. Adapun tujuan penelitian untuk mengetahui penerapan model team games tournament inovasi ular-ularan dapat meningkatkan pemahaman materi sejarah oleh siswa kelas XI IPA 5 MAN 1 Surakarta.

Penelitian menggunakan pendekakatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Peneliti berkolaborasi dengan guru matapelajaran sejarah, guru sebagai pemberi tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 5 MAN 1 Surakarta sebanyak 33 orang siswa putri. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data adalah observasi, angket dan tes.

Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model TGT ular-ularan dapat terlaksana dengan baik dan optimal serta terjadi peningkatan pemahaman materi sejarah oleh siswa. Data awal hasil belajar siswa saat materi proklamasi adalah 72, 4. Peningkatan pemahaman dapat dilihat dari hasil post test siklus I ke siklus II yaitu rata-rata kelas dari 82,7 menjadi 83,6. Dengan demikian, model teams games tournament inovasi ular-ularan pembelajaran sejarah dapat meningkatkan pemahaman materi sejarah siswa kelas XI IPA 5 MAN 1 Surakarta.

 

Saran yang ingin diberikan kepada peneliti lain adalah model TGT dapat divariasikan dengan berbagai model inovasi lain dalam pembelajaran seperti ular-ularan. Siswa dalam memahami materi diharapkan dapat meningkat, karena model ini lebih banyak mengajak siswa aktif untuk menggali pemahaman materi dalam pembelajaran kooperatif. Model ini dapat diterapkan untuk mengatasi masalah siswa untuk meningkatkan daya saing kompetisi dalam games tournament.