SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VENI VIDI VICI DEBATE PADA MATAPELAJARAN SEJARAH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI KELAS XI MIPA 6 SMAN 1 BANGIL - PASURUAN

Trias Ulul Himmah

Abstrak


ABSTRAK

 

Himmah, Trias Ulul. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Veni Vidi Vici Debate (VVVD) pada Matapelajaran Sejarah untuk Meningkatkan   Motivasi Belajar Siswa di Kelas XI MIPA 6 SMAN 1 Bangil – Pasuruan.     Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang.   Pembimbing: Drs. Mashuri, M.Hum.

 

Kata Kunci: Model pembelajaran Veni Vidi Vici Debate, motivasi belajar

Pembelajaran sejarah di kelas XI MIPA 6 SMAN 1 Bangil terdapat masalah pembelajaran yakni rendahnya motivasi belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi kegiatan kelas, guru selalu menggunakan model pembelajaran yang sama. Siswa menjadi kurang tertarik dan merasa bosan sehingga siswa tidak termotivasi untuk belajar pada saat pembelajaran berlangsung. Rendahnya motivasi belajar dari siswa menjadikan pemahaman siswa tentang pelajaran sejarah kurang. Upaya dalam  memperbaiki masalah tersebut yaitu dengan model pembelajaran Veni Vidi Vici Debate. Dengan menggunakan model tersebut diharapkan siswa menjadi terdorong, berminat, bersemangat, dan termotivasi. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI MIPA 6 SMAN 1 Bangil dalam pembelajaran sejarah dengan menggunakan model pembelajaran Veni Vidi Vici Debate.

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yakni penelitian yang dilakukan di kelas sebagai proses investigasi terkendali untuk menemukan maupun memecahkan masalah yang ada di kelas dan kemudian mencoba untuk diperbaiki. Motivasi belajar siswa dilihat dari empat aspek yakni minat, perhatian, konsentrasi, dan ketekunan. Keempat aspek tersebut diamati melalui lembar observasi yang dilakukan observer dan pada akhir tindakan dilakukan wawancara dengan siswa dan guru.

Berdasarkan  hasil penelitian ini menunjukkan siswa menjadi tertarik dan berminat. Selain itu juga siswa memiliki keinginan untuk mempelajari materi. Dari hasil data siklus I, siswa menyatakan tertarik dengan presentase 36,73% sedangkan pada siklus II presentasenya menjadi 60,7% sehingga peningkatan dari presentase yakni  23,97%.

Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Veni Vidi Vici Debate meningkatkan motivasi belajar. Penerapan model pembelajaran baru dapat meningkatkan motivasi belajar terutama untuk menjadikan siswa bersemangat dalam belajar sejarah. Model pembelajaran Veni Vidi Vici Debate ini dapat dijadikan pilihan lain mengenai model pembelajaran yang interaktif bagi para siswa.

ABSTRACT

Himmah, Trias Ulul. 2017. The Implementation of Veni Vidi Vici Debate (VVVD)   Learning Models in Improving Students Motivation in History Subjects at      Class XI MIPA 6 SMAN 1 Bangil. Thesis, Department of History, Faculty            of Social Sciences, State University of Malang. Advisor:

Drs. Mashuri, M.Hum.

 

Keywords: Veni Vidi Vici Debate learning model, learning motivation

Learning history in class XI MIPA 6 SMAN 1 Bangil show low motivation by students. Based on observation, teacher is always used the same learning model. Anyhow students become uninterested, feel bored then make them not motivated to learn when  study-time. Below the students motivation could less the students understading about history subjects. Efforts to increase the motivation learning by used a new learning model called Veni Vidi Vici Debate. It could coached student to encourage, interest, enthusiasm and motivated to learn history. This research was conducted with the aim to increase students motivation in class XI MIPA 6 SMAN 1 Bangil in learning history by using VeniVidiVicilearning model.

This research use Classroom Action Research. Classroom Action Research (CAR) is a research done in class as a process of controlled inventigating to find and solve the problem of learning in the classroom. Students motivation in terms of four aspects, namely interest, attention, concentrate and application. Four aspects are observed through observation sheet during action observation of the observer. At the end of the class action, done the interview with students and teacher to confirm about increation of students motivation learning.

Based on results of this classroom action research by using Veni Vidi Vici Debate, shows that students could become encourage and interesting to allow during the action. From data results on first cycles the presentage is 36,73% and in second cycles the presentage is 60,7% and anyhow the increasing from the presentage is 23,97%.

 

So the conclusion is that the Veni Vidi Vici Debate learning model can increase learning motivation. Implementation of this new learning model could improve students motivation especially to being enthusiasthic to learn history. This Veni Vidi Vici Debate learning model refialable another choises about interactive learning model to students.