SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Bahan ajar Majalah Pada Materi Perkembangan Masyarakat dan TeknologiPra-aksara Kelas X Akutansi Di SMK Negeri 12 Malang

dedi irawan

Abstrak


ABSTRAK

 

Irawan, Dedi. 2017. Pengembangan Bahan ajar Majalah Pada Materi Perkembangan Masyarakat dan TeknologiPra-aksara Kelas X Akutansi Di SMK Negeri 12 Malang Skripsi, Jurusan Sejarah, Program Studi S1 Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Ari Sapto, M.Hum.

 

Kata kunci : Bahan ajar, Majalah, Sejarah Indonesia

SMK merupakan sekolah yang mencetak generasi muda untuk siap di dunia industri maupun perguruan tinggi. Penggunaan bahan ajar yang efektif akan membuat siswa SMK mampu menguasai bidang ilmubaik secara pengetahuan, sikap dan keterampilan. Dari hasil observasi pada kelas X Akutansi di SMK Negeri 12 Malang terdapat beberapa masalah dalam bahan ajar yaitu: (1) Bahan ajar yang digunakan kurang memadai, (2) Minat belajar peserta didik kurang, (3) Buku paket kurang menarik untuk di baca dan (4) Peserta didik masih kesulitan dalam memahami buku paket sejarah. Solusi untuk permasalahan adalah pengembangan bahan ajar majalah yang telah disesuaikan dengan kurikulum serta permasalahan-permasalahan yang ada pada kelas X Akutansi di SMK Negeri 12 Malang.

Prosedur pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Sugiyono yang telah dimodifikasi.Adapun prosedurnya yaitu:Menemukan potensi dan masalah, mengumpulkan data, mengembangkan desain dan materi, validasi desain dan materi dari para ahli yaitu ahli media dan ahli materi, revisi desain dan materi.  Setelah itu tahap uji coba produk kepada kelompok kecil yang berjumlah 6 siswa dari kelas X Akutansi 3 yang telah memperoleh  mata pelajaran perkembangan masyarakat dan teknologipra-aksara, revisi produk, uji coba pemakaian produk untuk kelompok besar yang berjumlah 31 siswa pada kelas X Akutansi 4, revisi produk dan produk siap untuk diterapkan sebagai bahan ajar pada mata pelajaran sejarah Indonesia materi perkembangan masyarakat dan teknologi pra-aksara kelas X Akutansi di SMK Negeri 12 Malang.

 

Produk yang dihasilkan dari pengembangan ini adalah bahan ajar majalah sejarah pada materi perkembangan masyarakat dan teknologi pra-aksara semester I untuk kelas X Akutansi di SMK Negeri 12 Malang yang terdiri dari 2 bagian yaitu: (1) Bahan ajar majalah sejarah untuk guru dan (2) Bahan ajar majalah sejarah untuk siswa. Hasil validasi bahan ajar dari ahli media sebesar 95,23%, ahli materi I sebesar 92,70% dan ahli materi II 89,58%. Sedangkan hasil uji coba lapangan sebesar 94,05%. Berdasarkan validitas dari ahli media dan ahli materi bahwa bahan ajar secara keseluruhan dinyatakan valid dan memenuhi kriteria layak untuk diujicobakan. Sedangkan hasil uji coba kelompok besar menunjukkan bahwa bahan ajar ini layak digunakan pada kelas X Akutansi di SMK Negeri 12 Malang.