SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Persepsi Guru Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Kota Lumajang terhadap K.H. Anas Mahfudz sebagai Pendiri Sekolah Islam Pertama di Lumajang

rifka . Naziyah

Abstrak


ABSTRAK

 

Naziyah, Rifka. 2017. Persepsi Guru Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Kota Lumajang terhadap K.H.  Anas Mahfudz sebagai Pendiri Sekolah Islam Pertama di Lumajang. Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Najib Jauhari, S.Pd., M.Hum.

 

Kata Kunci: Persepsi, Guru Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Kota Lumajang, K.H. Anas Mahfudz, Sekolah Islam Pertama

 

K.H. Anas Mahfudz merupakan seorang ulama besar yang sangat disegani di Kota Lumajang. Perjuang K.H. Anas Mahfudz menekankan pada bidang pendidikan, terbukti pada tanggal 28 Februari 1928, ia mendirikan sekolah Islam pertama di Kota Lumajang yang diberi nama Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Kota Lumajang. K.H. Anas Mahfudz juga dikenal sebagai orang yang penuh dengan kesederhanaan dan lebih mementingkan kepentingan umum di atas kepentingannya sendiri. Ia juga mewariskan ajaran-ajaran yang relevan untuk diterapkan di zaman modern seperti saat ini, misalnya amalan asmaul husna yang disertai doa-doa yang dirangkai oleh K.H. Anas Mahfudz.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) biografi tokoh K.H. Anas Mahfudz (2) kondisi umum Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Kota Lumajang, (3) persepsi guru Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Kota Lumajang terhadap K.H. Anas Mahfudz sebagai pendiri sekolah Islam pertama di Lumajang.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Data dalam penelitian ini berupa dokumen dan lisan yang disampaikan oleh informan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menjaga keabsahan data, dilakukan member check terhadap data yang telah didapatkan, selanjutnya dilakukan dengan triangulasi data sumber. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.

Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) K.H. Anas Mahfudz merupakan salah satu ulama di Lumajang yang memiliki banyak santri. Sebagai seorang pemimpin yang peduli akan bidang pendidikan Islam di Lumajang maka K.H. Anas Mahfudz mendirikan madrasah dan Masjid Agung K.H. Anas Mahfudz. Selain itu juga banyak sikap teladan yang patut untuk dicontoh.(2) bahwa kondisi umum Madrasah Ibtidaiyah sudah cukup bagus. Sarana dan prasarana yang tersedia di madrasah telah menunjang kegiatan pembelajaran. Semua siswa dapat belajar dengan baik dan nyaman untuk mengembangkan kemampuannya sehingga mampu meraih prestasi. Ditujnjang juga dengan guru-guru madrasah yang selalu mengajarkan tentang akhlak yang baik. (3) Persepsi guru Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Kota Lumajang terhadap K.H. Anas Mahfudz sebagai pendiri sekolah Islam pertama di Lumajang cukup bagus dan respon yang didapat positif. Guru setuju bahwa K.H Anas Mahfudz sebagai pendiri pendidikan Islam pertama di Lumajang karena menjadi Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Kota Lumajang merupakan sekolah pertama yang berbasis Islam. Madrasah ini didirikan untuk mengkolaborasikan antara pendidikan umum dan pendidikan agama.

 

 

ABSTRACT

 

Naziyah, Rifka. 2017. The Perception of Teachers at Madrasah IbtidaiyahNurul Islam Lumajang City towards K.H.AnasMahfudz as Founder of The First Islamic School in Lumajang. Mini Thesis, Department of History, Faculty of Social Science, State University of Malang. Supervisor:NajibJauhari, S.Pd.,M.Hum.

 

Keywords: Perception, Teachers in Madrasah IbtidaiyahNurul Islam Lumajang City, K.H.AnasMahfudz, The First Islamic School

 

K.H. Anas Mahfudz is is a great scholar who is highly respected in Lumajang city. K.H. AnasMahfudzhas struggles by emphasizing on the field of education. It is proved that on February 28th, 1928, he founded the first Islamic school in Lumajangcity named as Islamic Elementary School Nurul Islam Lumajang city. K.H. AnasMahfudz is also known as a person with full of simplicity and he also put public interests above his own interests. He also left relevant teachings to be applied in modern times such as today, namely practice of asmaulhusna accompanied by prayers arranged by K.H. AnasMahfudz.

This research aims to describe: (1) biography of a figure, namely K.H. Anas Mahfudz (2) general condition of Islamic Elementary School Nurul Islam Lumajang city, (3) perception of Islamic Elementary School Nurul Islam teachers Lumajang city towards K.H. Anas Mahfudz as the founder of the first Islamic school in Lumajang.

This research uses qualitative descriptive research method. The data in this research are in the form of document and oral data delivered by informants. The data collection is by observation, interview and documentation. To maintain the data validity, the member check is conducted on the obtained data, then it is conducted the triangulation of source of data. The data analysis is conducted ranging from the stage of data reduction, data presentation and data verification.

The results of this research show that: (1) K.H. AnasMahfudz is one of the scholars in Lumajang who has many santri (students). As a leader having concern in the field of Islamic education in Lumajang, K.H. AnasMahfudz founded an Islamic school and the Great Mosque of K.H. AnasMahfudz. He also has many model attitudes to be followed, (2) that the general condition of the Islamic Elementary School was quite good. The available facilities and infrastructure available at the madrasah have supported the learning activities. All students can learn well and comfortably to develop their ability so that they can obtain good achievement. It is also supported by madrasah teachers who always teach about good morality. (3) The perception of Islamic Elementary School Lumajangcity towards K.H. AnasMahfudz as founder of the first Islamic school in Lumajangis quite good and has positive responses. Teachers agree that K.H AnasMahfudzwas the founder of the first Islamic education in Lumajangas the first Islamic School in Lumajangsince Islamic Elementary School Nurul Islam was the first Islamic school. The Islamic Elementary School was established tocollaborate public education and religious education.