SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Sejarah di SMK Negeri 1 Purwosari

Himawan Rizky Pratama Nugraha

Abstrak


ABSTRAK

 

Nugraha, Himawan Rizky Pratama. 2017. Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Sejarah di SMK Negeri 1 Purwosari. Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Joko Sayono, M.Pd, M.Hum, (2) Prof. Dr. Hariyono, M.Pd

 

Kata Kunci:   pendidikan karakter, pembelajaran sejarah, SMKN 1 Purwosari

SMK salah satu lembaga sekolah yang mempersiapkan lulusannya untuk dapat bersaing dalam dunia kerja dengan dibekali keahlian khusus yang diperoleh di sekolah sesuai jurusan yang dipilih oleh siswa, sehingga kemampuan siswa tidak terbatas pada keahlian dalam bidang akademik saja namun juga kepribadian yang baik. Penerapan pendidikan karakter adalah bagaimana cara sekolah untuk mengintegrasikannya dalam suatu pembelajaran. Dalam hal ini peran guru sangat penting saat membimbing di dalam kelas untuk kemudian diterapkan di luar kelas. Berdasarkan hasil observasi di SMK Negeri 1 Purwosari menunjukkan bahwa masih terdapat siswa yang belum berkarakter sesuai dengan nilai-nilai yang ditentukan dan di terapkan di sekolah.

Berdasarkan hal di atas maka penelitian ini bertujuan untuk, (1) menjelaskan Implementasi Pendidikan Karakter dalam pembelajaran sejarah di SMK Negeri 1 Purwosari, (2) menjelaskan faktor pendukung dan penghambat yang timbul saat Implementasi Pendidikan Karakter dalam pembelajaran sejarah di SMK Negeri Purwosari, dan (3) mendeskripsikan dampak yang diberikan saat Implementasi Pendidikan Karakter dalam pembelajaran sejarah di SMK Negeri 1 Purwosari

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini, peneliti bertindak sebagai pengumpul data dan sebagai pengolah data, metode analisis interaktif dengan melakukan observasi wawancara dan dokumentasi dikuatkan dengan data kuesioner dengan pihak-pihak yang terkait di SMK Negeri 1 Purwosari.

Hasil dari penelitian ini adalah adanya implementasi pendidikan karakter pada setiap segi pembelajaran sejarah seperti pada tahap perencanaan, pendidikan karakter telah tertulis pada silabus dan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaraan) Pendidikan karakter menempatkan kembali peran guru sebagai faktor yang sangat berpengaruh dalam pengembangan kepribadian peserta didik. Salah satu hambatan dari impelementasi pendidikan karakter terletak pada bagian penilaian kongkrit, selain itu pengaruh lingkungan tempat tinggal sangat menentukan nilai karakter seorang siswa dapat maksimal di sekolah atau tidak. Dampak dari implementasi pendidikan karakter yang ada dalam pembelajaran ternyata cukup signifikan terhadap siswa di luar pembelajaran yang dapat dilihat melalui kegiatan luar kelas.

 

Saran dalam penelitian ini bagi mahasiswa baik jurusan sejarah maupun dari jurusan lain jika ingin meneliti dengan tema penerapan pendidikan karakter lebih lanjut diharapkan pada sudut pandang pada peningkatan soft skill siswa yang di pengaruhi oleh pendidikan karakter yang terintegrasi ke dalam pembelajaran khususnya sejarah.