SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media E-book Sejarah Berbasis 3D Pageflip Pada Materi Kehidupan Masyarakat Indonesia Masa Pendudukan Jepang di SMAN Kabuh

Anita Sari, Anita Sari

Abstrak


ABSTRAK

 

Sari, Anita. 2017. Pengembangan Media E-Book Sejarah Berbasis 3D Pageflip Pada Materi Kehidupan Masyarakat Indonesia Masa Pendudukan Jepang di SMAN Kabuh. Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Ismail Lutfi, M.A., (2) Dra. Yuliati, M.Hum.

 

Kata Kunci: Pembelajaran Sejarah,Pengembangan Media, E-book Sejarah.

Pembelajaransejarah adalahkajianilmiah yang diajarkan di sekolahtentangmanusia, kesuksesandanevolusimasyarakatbesertaberbagaiaspeknya.  Materi sejarah akan lebih mudah dipahami siswa apabila disampaikan dengan gambar, foto, film dokumenter atau video animasi. Untuk itu diperlukan adanya perbaikan teknik pembelajaran yang lebih berinovasi dan lebih bermakna salah satunya dengan memanfaatkan teknologi informasi. Permasalahankonkritterjadi di SMAN Kabuh.Masalahutama yang terjadi di SMAN Kabuhadalahkurangnyapengembangan media yang inovatifsertaketerbatasanbuku.Ketika siswa mulai bosan dalam mengikuti pembelajaran, mereka akan memilih bermain gadget. Kenyataan dan keadaan ini menjadi suatu peluang untuk mengembangkan media pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi digital salah satunya adalah pengembangan e-book berbasis tiga dimensi.

Pengembangane-bookmerupakansolusiuntukmengatasi permasalahan dalam pembelajaran sejarahdi SMAN Kabuh.Keuntungan jika mengembangkan e-book tiga dimensi ini adalah untuk menghadirkan media pembelajaran yang dikemas dalam buku sejarah yang lebih menarik karena dilengkapi dengan gambar, audio maupun video sehingga siswa dapat belajar dengan menyenangkan.E-book sejarahjugadapatmelengkapiketerbatasanbuku di SMAN Kabuh.Materi yang dikembangkan adalahkehidupan sosial, ekonomi dan budaya masyarakat Indonesia pada masa pendudukan Jepang. Alasan dipilihnya materi ini karena kurangnya penyajian materi tersebut di dalam buku siswa. Materi sosial, ekonomi dan budaya umumnya hanya disajikan dalam satu atau dua halaman saja

Penelitian dan pengembangan menggunakan metode dari Sugiyono yang terdiri dari 10 langkah kerja. Penelitian diterapkan di kelas XII IIS 3 SMAN Kabuh. Alasan dipilihnya sekolah ini karena adanya permasalahan dalam pembelajaran sejarah yakni kurangnya media pembelajaran yang inovatif serta kondisi siswa yang sering bermain HP ataupun laptop saat pembelajaran.Adapun hasil penelitian adalah sebagai berikut, hasil validasi media tahap I sebesar 67,5% dan validasi media tahap II sebesar 90% dengan kategori valid dan tidak revisi. Hasil validasi materi memperoleh nilai sebesar 91,6% dengan kategori valid dan tidak revisi. Hasil uji coba pemakaian menunjukkan bahwa hasil uji coba kelompok kecil sebesar 94,25% dengan kategori valid dan tidak revisi. Hasil uji coba kelompok besar adalah 89,53% dengan kategori valid dan tidak revisi. Hasil uji pretest sebesar 36,56% dan hasil uji postest sebesar 86,87%.

                                                                                    The learning method is one important way in learning activities. In this era of globalization required an innovative method. This is because the presentation of the material of interest is expected to increase student interest. Methods commonly used in SMA Negeri 1 Tumpang are lectures and group discussions. Less the maximum use of the method used to make the students bored and lazy to follow the learning in the classroom. Habit of talking to friends, doing another task, playing handphone, there are some students who daydream some even fall asleep while learning takes place. This affects the lack of student interest. Lack of interest in student learning impact on student learning outcomes to be less than the minimum completeness criteria (KKM). One solution to increase student interest by using more innovative methods. Simulation method is an alternative method that can be used to support learning activities.

Based on above, the formulation of the problem in this study are (1) How is the application of simulation methods to increase student interest in the subject of history in class XI IPS 2 SMA Negeri 1 Tumpang? (2) How to increase student interest in the subject of history in class XI IPS 2 SMA Negeri 1 Tumpang using simulation methods ?.

This research is a classroom action (PTK), which is conducted in SMA Negeri 1 Tumpang odd semester of 2015/2016 academic year. Subjects used this research is class XI IPS 2 totaling 32 students. Subject retrieval using initial observation value data. Namely data collection techniques by observation, field notes, and documentation.

This study has shown that the use of simulation methods used in class XI IPS 2 can increase student interest. Before the act score of student interest still lowie 31,25%. Cycle 1 increased with a score of interest are amounting 53,25%. As a score of interest achieved not maximum, so that researchers continue the research on cycle 2. On cycle 2 increased significantly, a score of interest earned a very high ie 90,62%.

 

Conclusions from the study showed that an increase in student interest by using simulation method. Thus suggestions for future research are expected to improve and further develop the simulation methods to make it more attractive for use in the learning process.