SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Metode Simulasi untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Tumpang

Septyana Puspita Sari

Abstrak


ABSTRAK

Sari, Septyana Puspita. 2017. Penerapan Metode Simulasi untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Tumpang. Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Mashuri, M.Hum.

 

Kata kunci: Metode Simulasi, Minat Belajar, Pembelajaran Sejarah.

Metode pembelajaran merupakan salah satu cara yang penting dalam kegiatan pembelajaran. Pada era globalisasi ini diperlukan metode yang inovatif. Hal ini dikarenakan penyajian materi yang menarik diharapkan mampu meningkatkan minat belajar siswa. Metode yang biasa digunakan di SMA Negeri 1 Tumpang adalah ceramah dan diskusi kelompok. Kurang maksimalnya penggunaan metode yang digunakan menjadikan siswa bosan dan malas mengikuti pembelajaran dalam kelas. Kebiasaan berbicara dengan teman, mengerjakan tugas lain, bermain handphone, beberapa siswa ada yang melamun bahkan ada pula yang tertidur saat pembelajaran berlangsung. Hal ini mempengaruhi kurangnya minat belajar siswa. Kurangnya minat belajar siswa berdampak pada hasil belajar siswa yang cenderung kurang dari Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Salah satu solusi untuk meningkatkan minat belajar siswa yaitu dengan menggunakan metode yang lebih inovatif. Metode simulasi merupakan metode alternatif yang dapat digunakan sebagai penunjang kegiatan pembelajaran.

Berdasarkan hal di atas maka rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan metode simulasi untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Tumpang? (2) Bagaimana peningkatan minat belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Tumpang dengan menggunakan metode simulasi?.

Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilakukan di SMA Negeri 1 Tumpang Tahun Ajaran2015/2016 semester ganjil. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas XI IPS 2 yang berjumlah 32 siswa. Pengambilan subjek menggunakan data nilai observasi awal. Teknik pengumpulan data yaitu dengan cara observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode simulasi yang dilakukan di kelas XI IPS 2 dapat meningkatkan minat belajar siswa. Sebelum tindakan skor minat siswa masih rendah yaitu 31,25%. Pada siklus 1 terjadi peningkatan dengan skor minat sedang yaitu sebesar 53,12%. Karena skor minat yang dicapai belum maksimal, sehingga peneliti melanjutkan penelitian pada siklus 2. Pada siklus 2 terjadi peningkatan signifikan, dimanaskor minat yang diperoleh sangat tinggi yaitu 90,62%.

Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan minat belajar siswa dengan menggunakan metode simulasi. Dengan demikian saran untuk peneliti selanjutnya diharapkan mampu memperbaiki dan mengembangkan lagi metode simulasi agar lebih menarik untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Sari, Septyana Puspita. 2017. Implementation of Simulation Method to Improve the Learning Interest of student in the Subject of the History of Class XI IPS 2 SMA Negeri 1 Tumpang. Thesis, History Department, Faculty of Social Science, State University of Malang. Advisor Drs. Mashuri, M.Hum.

 

Key word:Simulation Method, Learning Interest, History Learning.

The learning method is one important way in learning activities. In this era of globalization required an innovative method. This is because the presentation of the material of interest is expected to increase student interest. Methods commonly used in SMA Negeri 1 Tumpang are lectures and group discussions. Less the maximum use of the method used to make the students bored and lazy to follow the learning in the classroom. Habit of talking to friends, doing another task, playing handphone, there are some students who daydream some even fall asleep while learning takes place. This affects the lack of student interest. Lack of interest in student learning impact on student learning outcomes to be less than the minimum completeness criteria (KKM). One solution to increase student interest by using more innovative methods. Simulation method is an alternative method that can be used to support learning activities.

Based on above, the formulation of the problem in this study are (1) How is the application of simulation methods to increase student interest in the subject of history in class XI IPS 2 SMA Negeri 1 Tumpang? (2) How to increase student interest in the subject of history in class XI IPS 2 SMA Negeri 1 Tumpang using simulation methods ?.

This research is a classroom action (PTK), which is conducted in SMA Negeri 1 Tumpang odd semester of 2015/2016 academic year. Subjects used this research is class XI IPS 2 totaling 32 students. Subject retrieval using initial observation value data. Namely data collection techniques by observation, field notes, and documentation.

This study has shown that the use of simulation methods used in class XI IPS 2 can increase student interest. Before the act score of student interest still lowie 31,25%. Cycle 1 increased with a score of interest are amounting 53,25%. As a score of interest achieved not maximum, so that researchers continue the research on cycle 2. On cycle 2 increased significantly, a score of interest earned a very high ie 90,62%.

 

Conclusions from the study showed that an increase in student interest by using simulation method. Thus suggestions for future research are expected to improve and further develop the simulation methods to make it more attractive for use in the learning process.