SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

JalurKeretaApiLintasKalisat-Panarukan 1897-2004

Yoseph baggio anugrah

Abstrak


ABSTRAK

 

Jalur rel Jember-Kalisat-Probolinggo-Panarukan yang mulai dibangun pada tahun 1893  dan mulai beroperasi pada tahun 1897 merupakan salah satu jalur yang menjadi salah satu urat nadi perekonomian masyarakat pada masa itu. Staatsspoorwegenmenganggapjalurinimerupakanjalurtujuaneksporterutamauntukmengangkutkomoditaspentingsepertigula, tembakau, kopi, beras, danhasilperkebunanlainnyasepertiteh yang dihasilkandariJember, Banyuwangi, Bondowoso, serta Situ bondo menuju ke Pelabuhan Panarukan untuk diekspor keberbagai negara di Eropa, selain itu penulis mempunyai kedekatan emosional dikarenakan rumah penulis jaraknya tidak terlalujauh dari lokasi penelian.

Penelitian ini memiliki dua rumusan masalah yang akan dikaji yaitu: (1) Bagaimana perkembangan jalur kerta api lintas Jember-Situbondo pada tahun 1897-2004; (2) Bagaimana dampak eksistensi jalur kereta api Jember-Situbondo terhadap kawasan di sekitarnya.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sejarah. Metode tersebut terdiri dari lima tahap, yaitu pemilihan topik, heuristik (pengumpulansumbertertulis, foto, peta, dansumberlisan/wawancara), kritik (intern danekstern), interpretasi (analisisdansintesis) danhistoriografi. Metodetersebutdigunakanuntukmenyusunfakta, mendeskripsikan, danmenarikkesimpulantentangapa yang terjadi di masalampau.

Hasildaripenelitianinimenunjukkanbeberapafaktasebagaiberikut.Pertama, padaawaltahun 1897 keretaapi di Jembermerupakanmodatransportasibarangdanakhirnyaberkembangdengantransportasimasa. Sebagaiwilayahpenghubung, Jember memilikiperananbesardalamperkembanganwilayah di sekitarPelabuhanPanarukansebagaiujungrangkaianpelabuhan di Situbondo.Kedua,sebagaiwilayahpenghubungtentuJembermenjadiwilayah yang dipadatiolehmobilisasi orang untukpindahdenganalasan motif ekonominya yang banyaktersedia di wilayahtersebut.

 

Disarankanuntukpeneliti yang selanjutnya agar lebihmendalamisejarahperkeretaapian di Indonesia sebagaibagiandariperkembangankota di masakolonial. PT KAI Daop 9 Jemberuntukmempublikasikanarsipkeretaapidanbisamenjadi museum keretaapi di Daop 9.KepadamasyarakatKabupatenJember - Situbondosupayamelakukanpelestarianterhadapkawasanjalurkeretaapidanbangunanpenunjangkeretadengancaramenjagakebersihan, keindahan, dankenyamanankawasannya. Masyarakatjugadiharapkantidakmerusakbangunan-bangunanbersejarah yang ada di sekitarnya.