SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perkebunan Kopi Ngusri Di Kabupaten Blitar Tahun 1970-2012

ahmad budi setiawan

Abstrak


ABSTRAK

 

Setiawan, Ahmad Budi. 2017. Perkebunan Kopi Ngusri Di Kabupaten Blitar Tahun 1970-2012. Skripsi, Jurusan Ilmu Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. GM. Sukamto, M.Pd, M.Si. Pembimbing (II) Dr. Ari Sapto, M.Hum.

 

Kata Kunci: perkebunan Ngusri, perkembangan, terhadap masyarakat

Perkebunan merupakan aspek yang penting dalam penunjang perekonomian di Indonesia pada masa kolonial hingga sekarang. Dari berbagai tanaman perkebunan yang dibudidayakan kopi merupakan salah satu komoditas unggulan yang dikembangkan di Indonesia karena masuk dalam kategori komoditi penting dalam pertumbuhan ekonomi nasional. Perkebunan Kopi Ngusri merupakan salah satu perkebunan peninggalan Belanda yang masih beroperasi hingga sekarang. Hadirnya perkebunan kopi di daerah Ngusri tentu saja akan berpengaruh terhadap kehidupan sosial ekonomi masyarakat sekitar.

Penelitian ini memiliki tiga rumusan masalah yang akan dikaji yaitu: (1) bagaimana latar belakang berdirinya Perkebunan Kopi Ngusri, (2) bagaimana perkembangan Perkebunan Kopi Ngusri tahun 1970-2012, (3) bagaimana peran Perkebunan Kopi Ngusri terhadap masyarakat sekitar perkebunan.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan latar belakang berdirinya Perkebunan Kopi Ngusri, mendeskripsikan perkembangan Perkebunan Kopi Ngusri tahun 1970-2012, serta pengaruh peran Perkebunan Kopi Ngusri terhadap masyarakat sekitar perkebunan.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sejarah. Metode tersebut terdiri dari lima tahap, yaitu pemilihan topik, heuristik (pengumpulan sumber tertulis, foto, peta, dan sumber lisan/wawancara), kritik (intern dan ekstern), interpretasi (analisis dan sintesis) dan historiografi. Metode tersebut digunakan untuk menyusun fakta, mendeskripsikan, dan menarik kesimpulan tentang apa yang terjadi di masa lampau.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan beberapa fakta sebagai berikut. Pertama, Perkebunan Kopi Ngusri pertama kali dirintis oleh orang Belanda pada tahun 1879 yang kemudian mengalami pergantian kepemilikan, hingga pada tahun 1970 Perkebunan Kopi Ngusri dikelola oleh PT Blitar Putra hingga sekarang. Kedua, Perkembangan Perkebunan Kopi Ngusri selama dikelola oleh PT Blitar Putara mengalami peningkatan dalam hal produksinya sehingga mendatangkan keuntungan bagi perusahaan. Ketiga, Perkebunan Kopi Ngusri memberikan pengaruh yang besar terhadap masyarakat di sekitar perkebunan yaitu terbukanya lapangan pekerjaan bagi masyarakat Ngusri sehingga dapat meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat. Hadirnya Perkebunan Kopi Ngusri juga mendorong terbukanya isolasi penduduk pedesaan di Ngusri karena dibangunya sarana transportasi baik dilingkungan perkebunan maupun diluar perkebunan. Seiring dengan perkembangan perkebunan kopi Ngusri maka mulai dibangun segala fasilitas desa untuk menunjang kebutuhan  masyarakat Ngusri yaitu sekolah desa, bendungan dan prasarana transportasi seperti jalan yang merupakan sarana yang penting dalam penggankutan hasil kopi. Adanya perkebunan juga berpengaruh dalam kehidupan sosial masyarakat seperti penebangan dan pencurian pohon yang merugikan perusahaan.

 

Disarankan untuk peneliti yang selanjutnya agar lebih mendalami sejarah Perkebunan Kopi Ngusri atau mengkaji mengenai kehidupan buruh di Perkebun Kopi Ngusri atau hal menarik lainya yang bisa membawa wawasan baru mengenai tema perkebunan. Kemudian bagi Pihak perkebunan agar lebih memperhatikan kesejahteraan tenga kerja perkebunan serta manjaga arsip perkebunan dengan baik. Kepada masyarakat khusnya di sekitar perkebunan agar tetap menjaga hubugan baik dan harmonis dengan pihak perkebunan.