SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Media SI Card terhadap Pemahaman Siswa dalam Pembelajaran Sejarah Materi Sejarah Kerajaan Kanjuruhan dan Singhasari Kelas X RPL 1 SMK Negeri 1 Kepanjen

Fitriya Putri Utami

Abstrak


ABSTRAK

 

Media pembelajaran sangat membantu guru dalam menyampaikan materi, tujuan dan informasi.Mediasendiriterbagi menjadi beberapa jenis yang salahsatunyaadalahmedia visual, dalampenggunaaannya, media visual  mempunyai manfaat dan fungsi. Manfaat media visual  adalah menimbulkan semangat belajar, sedangkan fungsinyaterbagi atas kognitif dan kompensatoris, dimana melalui gambar siswa mampu memahami dan mengingat isi materi yang disampaikan oleh guru. Salah satu media visual yang dapat digunakan dalam pembelajaran adalah SI Card. Berdasarkan fungsi kognitif dan kompensatoris media SI Card dapat membantu pemahaman siswa dalam pembelajaran sejarah. Pemahaman siswa dalam pembelajaran sejarah  sangat diperlukan, jika siswa paham dengan apa yang mereka pelajari, maka mereka tidak akan kesulitan dalam mengingat informasi dan materi yang telah disampaikan. Oleh sebab itu perlu dilakukan pengukuran berkaitan dengan pengaruh media SI Card  terhadap pemahaman siswa dalam pembelajaran sejarah.

Terdapat dua rumusan masalah dalam penelitian ini Pertama,bagaimana Penerapan Media SI Card di kelas X RPL 1 SMKN 1 Kepanjen. Kedua, bagaimana pengaruh media SI Card terhadap pemahaman siswa materi sejarah Kerajaan Kanjuruhan dan Singhasari di kelas X RPL 1 SMK Negeri 1 Kepanjen.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan jenis Pre-Experimental Design yaituOne Group Pretest Posttest.  Sampel yang dipilih dengan cara puposive sampling berdasarkan saran guru sejarah SMK Negeri 1 Kepanjen dan nilai rata-rata kelas yaitu kelas X RPL 1. Kelas X RPL 1 memiliki nilai rata-rata yang cukup baik. Instrumen yang digunakan oleh peneliti berupa tes yaitu pre-test dan post-test. Analisis statistik menggunakan uji-t.

 

Hasil penelitian ini dapat diuraikan sebagai berikut: Pertama, Penerapan media pembelajaran SI Card  di kelas X RPL 1 berjalan dengan lancar, dimana siswa mengikuti pembelajaran dengan baik dan tertib sesuai dengan langkah-langkah peraturan dalam SI Card. Permainan dalam media memberikan semangat yang positif kepada siswa untuk  mengikuti proses pembelajaran sejarah materi sejarah Kerajaan Kanjuruhan dan Singhasari, terlihatdarinilai rata-rata  kelompok sudah di atas nilai KKM yaitu 81,7. Kedua, terdapat  pengaruh pemahaman siswa dalam pembelajaran sejarah materi sejarah kerajaan Kanjuruhan dan Singhasari sebelum menggunakan SI Card  dan setelah menggunakan SI Card dilihat dari rata-rata hasil pre-test (57,16) dan post-test (90,68), serta hasil uji hipotesismenggunakan SPSS 2.0 for windows (kolomogorof-smirnof), H1 dapat diterima dibuktikan dengan Nilai thitung adalah 22.939 sedangkan ttabel adalah 2.021 dengan nilai signifikansi 0,00 < 0,05 yang artinya terdapat pengaruh pemahaman  siswa pada pembelajaran sejarah  materi sejarah Kerajaan Kanjuruhan dan Singhasari menggunakan media SI Card di kelas X RPL 1 SMK Negeri 1 Kepanjen.