SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penggunaan Media Panah Keberuntungan Dart Board (Pake-Dabo) Berbasis Gambar Sejarah Kerajaan Majapahit Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS SMAN 1 Kandat Kabupaten Kediri

Erni Widyawati

Abstrak


ABSTRAK

 

Media Panah Keberuntungan Dart Board (Pake-Dabo) berbasis gambar sejarah yaitu berupa permainan dart board yang pada bagian angka 1-20 diganti dengan gambar sejarah kerajaan Majapahit. Pembelajaran menggunakan media Pake-Dabo berbasis gambar sejarah siswa terlibat langsung ketika proses pembelajaran mulai dari mencari gambar, mencocokkan dengan materi, mencatat hasil diskusi, dan presentasi. Proses pembelajaran memerlukan keterlibatan siswa sehingga siswa tidak hanya duduk dan mendengarkan. Siswa yang aktif ketika proses pembelajaran akan memiliki hasil belajar yang bagus. Berkaitan dengan itu, maka diperlukan penelitian tentang pengaruh penggunaan media Pake-Dabo berbasis gambar sejarah terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa. Terdapat dua rumusan masalah dalam penelitian ini. Pertama, bagaimana pengaruh penggunaan media Pake-Dabo berbasis gambar sejarah Kerajaan Majapahit terhadap keaktifan siswa kelas X IPS SMAN 1 Kandat Kabupaten Kediri. Kedua, bagaimana pengaruh penggunaan media Pake-Dabo berbasis gambar sejarah Kerajaan Majapahit terhadap hasil belajar siswa kelas X IPS SMAN 1 Kandat Kabupaten Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen dan dengan bentuk pre-exsperimental design. Populasi penelitian ini adalah kelas X IPS SMAN 1 Kandat Kabupaten Kediri. Sampel dipilih berdasarkan nonprobability sampling (Purposive sampling). Kelas dipilih berdasarkan saran dari guru, kelas X IPS 3 memiliki keaktifan dan hasil belajar kurang, cenderung tidak serius ketika proses pembelajaran, tetapi siswa di kelas X IPS 3 lebih mudah dikondisikan jika dibandingkan dengan siswa kelas yang lainnya. Instrumen penelitian ini berupa instrumen perlakuan yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan media Pake-Dabo berbasis gambar sejarah, sedangkan instrumen pengukuran yaitu lembar observasi dan tes (pretest dan

posttest). Analisis statistik dilakukan dengan menggunakan Paired Sample Test. Hasil penelitian dipaparkan sebagai berikut. Pertama terdapat pengaruh penggunaan media Pake-Dabo berbasis gambar sejarah kerajaan Majapahit terhadap keaktifan siswa. Hal itu berdasarkan pada nilai rata-rata keaktifan sebelum menggunakan media Pake-Dabo berbasis gambar sejarah adalah 37,57, sedangkan ketika menggunakan media Pake-Dabo berbasis gambar sejarah adalah 78,43..

Kedua, terdapat pengaruh penggunaan media Pake-Dabo berbasis gambar sejarah kerajaan Majapahit terhadap hasil belajar. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata

pretest 39,09, sedangkan nilai rata-rata posttest adalah 78,86. Sehingga dapat disimpulkan bahwa keaktifan dan hasil belajar siswa lebih baik menggunakan media dibandingkan dengan pembelajaran tanpa menggunakan media.