SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Persepsi Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Malang Terhadap Pembelajaran Sejarah Sebagai Sarana Dalam Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter

Wita Asmara Dewi

Abstrak


ABSTRAK

 

Dewi, Wita Asmara. 2017. PersepsiSiswaKelas XI SMA Muhammadiyah 1 MalangterhadapPembelajaranSejarahSebagaiSaranadalamPenanamanNilai-NilaiPendidikanKarakter. Skripsi, JurusanSejarah, FakultasIlmuSosial, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: Prof. Dr. Hariyono, M.Pd.

 

Kata Kunci :persepsi, siswakelas XI, pembelajaransejarah, nilai, pendidikankarakter

Pendidikankarakteradalahpendidikan yang mengembangkannilai-nilaikarakterkepadapesertadidik yang bertujuan agar pesertadidikmemilikikarakter yang baikdansesuaidengannilai moral yang berlaku.Di tingkatsekolah, pendidikankarakterditerapkandalamsemuamatapelajarantermasukmatapelajaransejarah.Mata pelajaransejarahmerupakanmatapelajaran yang cukuppentinguntukmenerapkanpendidikankarakterdalampembelajaran.Penerapanpendidikankarakter di SMA Muhammadiyah 1 Malang dilaksanakanlebihintensifsetelahberlakunyaKurikulum 2013.

Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikan : (1) pelaksanaanpembelajaransejarahkelas XI di SMA Muhammadiyah 1 Malang, (2) persepsisiswakelas XI terhadappembelajaransejarahsebagaisaranadalampenanamannilai-nilaipendidikankarakter, (3) faktor- faktor yang mempengaruhipersepsisiswakelas XI terhadappembelajaransejarahsebagaisaranadalampenanamannilai-nilaipendidikankarakter.

Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatif, danjenispenelitiannyaadalahdeskriptifkualitatif.Subjekpenelitiannyaadalahsiswakelas XI SMA Muhammadiyah 1 Malang.Pengumpulan data dilakukandenganobservasi, wawancaradandokumentasi.Analisis data dilakukandengantahapanberikut :pengumpulan data, reduksi data, penyajian data danverifikasi.

Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa: (1) penerapan pendidikan karakter di SMA Muhammadiyah 1 Malang sudah baik. SMA Muhammadiyah 1 Malang memiliki jadwal tersendiri terkait penerapan pendidikan karakter kepada siswanya. SMA Muhammadiyah 1 Malang menerapkan Kurikulum 2013 dalam pembelajaran pada semua mata pelajaran, termasuk mata pelajaran sejarah.Guru sudah menerapkan pendidikan karakter dalam pembelajaran sejarah. Nilai-nilai karakter sudah ditanamkan kepada siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Malang. (2) persepsi siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Malang terhadap pembelajaran sejarah sebagai sarana dalam penanaman nilai-nilai pendidikan karakter sudah baikmeskipunpengetahuansiswatentangpendidikankarakterbelumluas.Siswamenganggapmatapelajaransejarahadalahmatapelajaran yang pentinguntukmenumbuhkansemangatcintatanah air.Penerapanpendidikankarakteroleh guru dalampembelajaransejarahsudahdilaksanakandenganbaik.Banyaknilai-nilaikarakter yang sudahditanamkandalamkegiatanpembelajaran (3) terdapatbeberapafaktor yang mempengaruhipersepsisiswaterhadappembelajaransejarahsebagaisaranadalampenanamannilai-nilaipendidikankarakter : (a) Saranadanprasaranasekolah di SMA Muhammadiyah1 Malang sudahlengkap. Lengkapnyafasilitassekolahdapatmenunjangterlaksananyapenerapanpendidikankarakter yang baik.Siswasudahmemanfaatkansaranadanprasaranadenganbaikketika proses pembelajaran. Namun, terdapatbeberapasiswa yang belummaksimalmemanfaatkansaranadanprasarana di sekolah. (b) Minatbelajar siswa terhadap pembelajaran sejarah berbeda satu sama lain. Terdapat minat siswa yang tinggi dalam pembelajaran sejarah namun terdapat juga siswa yang minat belajarnya rendah. (c) Cara mengajar guru sejarah SMA Muhammadiyah 1 Malang sudah baik. Materi yang disampaikan oleh guru sangat mudah dipahami dan dimengerti oleh siswa. Karakter guru merupakan hal yang sangat penting terkait penanaman pendidikan karakter dalam pembelajaran kepada siswa.

 

Untuk saran dalampenelitianiniyaitu : (1) kepadapihak SMA Muhammadiyah 1 Malang untuktetapmempertahankandanmeningkatkanpenerapanpendidikankarakter di sekolah. (2) kepada guru sejarah SMA Muhammadiyah 1 Malang, untukmemaksimalkanpenerapanpendidikankarakterdalampembelajaransejarah. (3) kepadasiswakelas XI SMA Muhammadiyah 1 Malang, untukterus meningkatkan minat belajar terhadap matapelajaran sejarahdanmenerapkannilai-nilaipendidikankarakterdalamkehidupansehari-hari. (4) kepada peneliti lain, yang inginmelakukanpenelitiansejenis, untukmelakukanpenelitiantentangproses penilaian  pendidikan karakter dalam mata pelajaran sejarah.tuntukpembelajaran.