SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN VIDEO STOP MOTION UNTUK PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS ADOBE PREMIERE CS 6PADA MATERI PERISTIWA-PERISTIWA SEKITAR PROKLAMASI KELAS XI IPA SMAN 1 NGUNUT KABUPATEN TULUNGAGUNG

Bayu Anggo Eka Jurita

Abstrak


Jurita, Bayu Anggo Eka. 2017. Pengembangan Video Stop Motion Untuk Pembelajaran Sejarah Berbasis Adobe Premiere CS 6 Pada Peristiwa-peristiwa Sekitar Proklamasi Kelas XI IPA SMAN 1 Ngunut Kabupaten Tulungagung. Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Dewa Agung Gede Agung, M.Hum.

Kata Kunci:  Media Pembelajaran, Stop Motion berbasis Adobe Premiere CS 6, Peristiwa-peristiwa Sekitar Proklamasi.

Matapelajaran sejarah mengajarkan kepada peserta didik untuk membentuk sikap  bijaksana dan diharapkan bisa mengambil hal-hal postif yang ada di masa  lalu. Namun pada perkembangannya matapelajaran sejarah dianggap menjenuhkan bagi sebagian besar peserta didik. Masalah pemanfaatan media yang belum optimal terlihat di kelas XI IPA SMAN 1 Ngunut. Padahal di kelas ini sudah terdapat LCD namun masih jarang dimanfaatkan dan penyampaian materi pelajaran sejarah masih dominan menggunakan buku-buku teks dan LKS. Padahal seiring perkembangan zaman yang ditandai kemajuan TIK, bisa dimanfaatkan dibidang pendidikan khususnya digunakan sebagai media pembelajaran. Berdasarkan pertimbangan tersebut peneliti melakukan pengembangan media dengan tujuan mengahasilkan sebuah produk media pembelajaran yaitu Stop Motion berbasis Adobe Premiere CS 6.

Alasan pemilihan media Stop Motion berbasis Adobe Premiere CS 6 dikarenakan media ini pembuatannya mudah bisa  dibuat oleh siapapun, alat-alat yang digunakan cukup sederhana seperti kertas, plastisin, papercraft, kamera serta sangat mudah dioperasikan dengan baik oleh siapapun, sebab produk akhir media ini sudah diubah dalam bentuk video. Pemilihan materi peristiwa-peristiwa sekitar Proklamasi pada media ini karena berdasarkan penuturan pendidik bahwa pada materi ini peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami peristiwa-peristiwa sekitar  Proklamasi secara kronologis.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini mengadaptasi dari metode penelitian dan pengambangan dari Sugiyono. Metode ini memiliki sepuluh tahap, namun dalam penelitian ini hanya digunakan sembilan tahap. Adapun tahapan-tahapannya yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain;  (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; (8) uji coba pemakaian; (9) revisi produk. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar validasi ahli materi dan media, angket respon peserta didik, dan tes (pre-test danpost-test).

Produk tersebut telah melalui uji coba dengan hasil validasi dari ahli materi menunjukkan persentase sebesar 95% dan 92,5% dariahli media. Hasil uji coba yang dilakukan kepada kelompok kecil menunjukkan persentase sebesar 89,5% dan 88,75% dari uji kelompok besar. Diperoleh data hasil pre-test yaitu menunjukkan nilai rata-rata sebelum menggunakan produk sebesar 47,5 dan hasil post-test setelah menggunakan produk sebesar 82,5.

Kesimpulan dari hasil persentase di atas yaitu media pembelajaran Stop Motion berbasis Adobe Premiere CS 6 yang dikembangan valid dan efektif, sehingga dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk mempermudah proses pembelajaran peserta didik. Perlu dilakukan penelitian dan pengembangan lebih lanjut pada media ini dengan materi-materi pelajaran yang lain.