SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Bupop Ah (Buku pop up sejarah) pada Materi Revolusi Prancis berbasis Pendidikan Karakter Cinta Damai untuk Peserta Didik Kelas XI SMA

Imam Pranata Adi Negara

Abstrak


ABSTRAK

 

Negara, Imam Pranata Adi. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Bupop Ah (Buku pop up sejarah) pada Materi Revolusi Prancis berbasis Pendidikan Karakter Cinta Damai untuk Peserta Didik Kelas XI SMA. Skripsi, JurusanSejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Mashuri, M.Hum.

 

Kata Kunci: media pembelajaran, Bupop Ah, revolusi Prancis.

 

Mata pelajaran sejarah begitu penting untuk diajarkan kepada seluruh peserta didik mulai tingkat dasar hingga tingkat atas.  Mata pelajaran sejarah memiliki nilai strategis dalam pembentukan watak dan karakter bangsa yang bermartabat serta dalam pembentukan manusia Indonesia yang memiliki rasa kebanggaaan dan cinta tanah air. Namun pentingnya Matapelajaran sejarah sejarah ini kurang didukung dengan baiknya pembelajaran di sekolah karena terdapat permasalahan-permasalahan dalam pembelajaran. Di SMAN 1 Batu, permasalahan yang didapati dari wawancara dan observasi berupa kurangnya media pembelajaran yang digunakan, sehingga minat pembelajaran sejarah peserta didik kurang, kurangnya pendidikan karakter dalam pembelajaran, dan peserta didik hanya menggunakan buku paket yang jumlahnya tidak seberapa.

Adapun tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan produk pengembangan media pembelajaran Bupop Ah (Buku pop-up Sejarah) pada materi Revolusi Prancis berbasis nilai pendidikan karakter cinta damai untuk perserta didik kelas XI SMA. Selain itu juga mengetahui ekfektifitas produk pengembangan media pembelajaran Bupop Ah (Buku pop-up Sejarah) pada materi Revolusi Prancis berbasis nilai pendidikan karakter cinta damai untuk perserta didik kelas XI SMA.

Pengembangan media pembelajaran mengikuti tahapan penelitian yang diadaptasi dari model pengembangan Sugiyono (2010) yaitu meliputi (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian, (9) revisi produk, dan (10) produksi akhir. Sebelum di uji cobakan kelapangan, produk terlebih dahulu divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Data yang diperoleh berupa data kualitatif dan data kuantitatif.

Hasil Produk Pengembangan sendiri dinamai Bupop Ah. Bupop Ah merupakan singkatan dari buku pop up sejarah. Bupop Ah sendiri merupakan buku dengan karakteristik tiga dimensi (3D). Buku berbasis pop up ini berisi materi revolusi Prancis dengan basis pendidikan karakter cinta damai yang telah sesuaikan dengan karakteristik siswa kelas XI.  Hasil validasi dari ahli materi memperoleh skor 76 dengan persentase 95%.  Hasil validasi dari ahli media juga memperoleh skor 67 dengan persentase 93%. Hasil uji coba produk di lapangan pada uji coba kelompok kecil memperoleh skor 374 dengan persentase 93.5%,  kemudian pada uji coba kelompok besar memperoleh skor 1245 dengan persentase 94.5%. Hasil pre-test memperoleh rata-rata 35.1 dan hasil post-test memperoleh rata-rata 76.3. Berkaitan dengan hasil belajar tersebut, maka media pembelajaran Bupop Ah dapat dikatakan efektif untukdigunakan dalam pembelajaran sejarah.