SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penggunaan Media PowToon dalam Pembelajaran Sejarah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Slahung Ponorogo

Khamid Faujan Zumroni

Abstrak


ABSTRAK

 

Zumroni, Khamid Faujan. 2017. Penggunaan Media PowToon dalam Pembelajaran Sejarah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Slahung Ponorogo. Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Mashuri, M.Hum.

 

Kata Kunci:media PowToon, pembelajaran sejarah, hasil belajar. 

 

Manfaat penggunaan media pembelajaran salah satunya adalah meningkatkan hasil belajar. Namun, banyak guru yang kurangmemaksimalkan fasilitas dan media yang ada dalam proses pembelajaran dalam kelas. Seperti yang terjadi pada kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Slahung Ponorogo. Berdasarkan data dari buku nilai siswa menunjukkan bahwa sebagian besar siswa kelas X IPS 1 hasil Ujian Tengah Semester (UTS) pada matapelajaran sejarah tergolong rendah, terdapat 16 siswa tidak memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)dan hanya 6 siswa yang nilainya memenuhi KKM. Siswa kelas X IPS 1 terdiri dari 15 siswa perempuan dan 7 siswa laki-laki.KKM yang diterapkandi SMA Negeri 1 Slahung adalah ≥ 75. Hasil belajar rendah diakibatkan karena kurangnya guru memaksimalkan fasilitas dan media yang ada dalam proses pembelajaran dalam kelas. Gurujarang menggunakan media pembelajaran. Kalaupun menggunakan media pembelajaran yang digunakan hanyalah media PowerPoint.Media pembelajaran yang inovatif sangatlah banyak, salah satunya adalah media PowToon.

Tujuan dari penelitian ini, yaitu (1) mengetahui penggunaan media PowToon dalam pembelajaran sejarahkelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Slahung Ponorogo (2) mengetahui hasil belajar siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Slahung Ponorogo dalammenggunakan media PowToon.

Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas dengan modelKemmis dan McTaggart. Model ini terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Alat pendukung yang digunakan berupa LCD, laptop, dan speaker. Subjek penelitian yaitu siswa kelas X IPS 1 yang berjumlah 22 siswa. Data yang diperlukan adalah data dari kegiatan pembelajaran menggunakan media PowToon dan data hasil belajar siswa dengan melihat daftar nilai siswa di setiap siklus. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penggunaan media PowToon di kelas X IPS 1 membuat siswa tertarik untuk mengikuti pembelajaran, sehingga memperlancar jalannya proses pembelajaran.PowToon merupakan media yang dapat diamati oleh siswa sehingga dapat meningkatkan daya konsentrasi siswa dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. (2) Analisis hasil belajar kelas X IPS 1 menujukkan peningkatan dari pra-penelitian sebesar 27,27% di siklus I meningkat menjadi 68,18% dan di siklus II meningkat menjadi 81,81%. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa pembelajaran sejarah dengan menggunakan media PowToon dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Slahung Ponorogo. Dengan demikian, peneliti menyarankan kepada guru untuk memanfaatkan media PowToon dalam pembelajaran sejarah.