SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pembelajaran Ekstrakurikuler Seni Tari di SMPLBABCD PGRI Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi

Fi'rul Amanah

Abstrak


ABSTRAK

 

PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER SENI TARI DI SMPLB ABCD PGRI KECAMATAN CLURING KABUPATEN BANYUWANGI

Fi’rul A

E-mail: piluldwijonoto@gmail.com

Endang Wara Suprihatin Diah Pratamawati

Hartono

Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang

ABSTRAK: Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah: Mendeskripsikan pembelajaran ekstrakurikuler bidang seni tari untuk anak berkebutuhan khusus di SMPLB ABCD PGRI Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Prosedur pengumpulan data diperoleh dengan cara melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi, kegiatan analisis data dimulai dari tahap reduksi data, kemudian penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sumber data primer diperoleh dari hasil wawancara dengan guru ekstrakurikuler, kepala sekolah dan waka kurikulum, dan sumber data skunder diperoleh dari dokumen perangkat pembelajaran berupa program kegiatan. Pada pengecekan keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi sumber dan metode. Hasil penelitian ini adalah pembelajaran ekstrakurikuler tari yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Perencanaan yang dilakukan oleh guru adalah menyusunan program kegiatan, menetapkan materi, menentukan target pembelajaran dan menentukan waktu pelaksanaan. Pelaksanaan pembelajaran tari, guru menerapkan metode ceramah, demonstrasi, dan drill. Kegiatan penilaian, guru menggunakan dua cara yakni penilaian dan evaluasi. Penilaian meliputi hafalan, wirasa, wirama, dan wiraga sedangkan evaluasi dilakukan pada akhir penilaian guna untuk memotivasi dan memberitahukan batas kemampuan serta perkembangan siswa.

 

 

Kata Kunci: Pembelajaran, Ekstrakurikuler, SMPLB