SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perbedaan Hasil Belajar Sejarah Yang Menggunakan Media Pembelajaran Prezi Dengan Autoplay Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 6 Malang

Heni Kusdianti

Abstrak


ABSTRAK

 

Media pembelajaran menjadi salah satu hal penting dalam pembelajaran sejarah, yaitu sebagai sarana untuk melukiskan masa lampau. Pemilihan media pembelajaran yang tepat akan memudahkan siswa untuk merasa dekat dengan apa yang mereka pelajari. Media pembelajaran yang dapat digunakan diantaranya adalah prezi dan autoplay. Perbedaan diantara keduanya adalah berkaitan dengan tampilan dalam penyajian. Media prezi memiliki kelebihan yaitu dapat memerbesar  bagian tertentu yang sedang dibahas sehingga siswa tertarik dan fokus untuk memperhatikan sub materi yang diperbesar. Sedangkan media autoplay dapat memotivasi siswa untuk belajar sejarah dengan adanya efek-efek animasi dan suara dengan tampilan yang bervariasi. Seharusnya semakin baik tampilan media yang disajikan maka akan diikuti dengan hasil belajar yang baik pula. Untuk itulah perlu dilakukan pengukuran perbedaan hasil belajar siswa sehingga diketahui mana yang lebih baik diantara keduanya.

Masalah yang dirumuskan pada penelitian ini adalah pertama, bagaimana hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran prezi. Kedua, bagaimana hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran autoplay. Ketiga, bagaimana perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan media pembelajaran prezi dengan autoplay.

Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 6 Malang pada semester genap tahun 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan model quasi experimental design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X RPL. Sampel diperoleh berdasarkan nilai rata-rata kelas hasil UAS semester ganjil 2016/2017. Nilai kedua kelas tersebut harus setara. Sehingga diperoleh kelas X RPL 2 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X RPL 4 sebagai kelompok kontrol. Instrumen perlakuan yang digunakan adalah silabus dan RPP sedangkan instrumen pengukuran berupa test hasil belajar (pretest dan posttest). Analisis statistik yang digunakan adalah uji-t.

 

Hasil analisis data diketahui bahwa perolehan data hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 82,29 sedangkan hasil belajar siswa kelas kontrol sebesar 75,50 dengan thitung  (4,255) lebih besar daripada ttabel  (1,671). Berdasarkan anlisis data diambil kesimpulan hasil belajar pada mata pelajaran sejarah pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Merujuk hasil analisis data maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran prezi lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang menggunakan media pembelajaran autoplay. besar.