SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning

rachel nayunda prithaningrum

Abstrak


ABSTRAK

 

Nayunda,Rachel. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk meningkatkan Hasi lBelajar Siswa Kelas XI SMAN I Bululawang. Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Kasimanuddin Ismain, M.Pd, (II) Dra. Siti Malikhah Towaf, M.A., Ph.D.

Kata kunci:Problem Based Learning, HasilBelajar.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model problem based learning pada pembelajaran Sejarahpokok bahasan PerangMelawanKolonialisme. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI IPA 3 SMAN I Bululawangdandilatarbelakangi keadaan 33 siswa yang kurang menunjukkan kerjasamanya di dalam proses kerja kelompok dan hasil belajar yang masih banyak di bawah KKM 75 karena guru sering menggunakan metode ceramah yang cenderung monoton dan belum menggunakan model problem based learning.

Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 2 pertemuan pada setiap siklusnya dan menerapkan model pembelajaran problem based learning yang terdiri dari 6 fase, yaitu stimulus/pemberian rangsangan, pernyataan/identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian, menarik kesimpulan/ generalisasi. Penilaian yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa, penilaian kerjasama dan lembar observasi untuk mengetahui kegiatan guru dan siswa selama proses pembelajaran.

Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata dari penilaian diskusi dan hasil tes belajar. Hasil belajar siklus 1, nilai rata-rata yaitu 66,6, dan hasil belajar siklus 2, rata-rata nilai mencapai 80,0. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model problem based learning dapat meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Sejarahpokok bahasan PerangMelawanKolonialiasme di kelas XI IPA 3 SMAN I Bululawang. Dengan demikian, penggunaan model problem based learning dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran Sejarah dengan pokok bahasan yang lainnya.