SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Uji Efektifitas Hasil Latihan Pliometrik X Jump Untuk Meningkatkan Daya Ledak Otot Tungkai Terhadap Keterampilan Permainan Bolavoli Pada Siswa Ekstrakurikuler Di SMP Negeri 8 Malang.

Deddy yuliyansyah

Abstrak


Latihan pliometrik adalah latihan kekuatan dengan menggunakan beban utama badan atlet itu sendiri yang bertujuan untuk meningkatkan daya ledak otot sehingga dapat mengoptimalkan kinerja otot dan menghubungkan kekuatan maksimal yang telah dimiliki oleh atlet ke dalam aplikasi gerakan cepat dan kuat (powerful) sesuai dengan sifat cabang olahraga tertentu.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahuihasil latihan pliometrik x jump terhadap peningkatan otot tungkai pada siswa ekstrakurikuler permainan bolavoli di SMP Negeri 8 Malang.

Rancangan penelitian yang dipakai adalah penelitian eksperimenone-group-pretest-posttest design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah tes vertical jump. Penelitian ini hanya melibatkan satu kelompok subyek sehingga tidak ada kontrol yang ketat terhadap variabel eksternal.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah vertical jump testdengan melakukan tiga kali percobaan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswaekstrakurikuler di SMP Negeri 8 Malang yang berjumlah 20 orang.

 

Dari hasil analisis data, diperoleh hasil bahwa program latihan pliometrik x jumpmemberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan daya ledak otot tungkai keterampilan permainan bolavoli pada siswa ekstrakurikuler di SMP Negeri 8 Malang dengandiperolehFhitung 1,047>Ftabel 2,12dengantaraf signifikansi α = 0.05.

 

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa latihan pliometrik x jump ini dapat digunakan dalam latihan untuk meningkatkan kekuatan otot tungkai terhadap keterampilan permainan bolavoli pada siswa ekstrakurikuler di SMP Negeri 8 Malang. Saran yang dapat diberikan kepada pelatih ekstrakurikuler di SMP Negeri 8 Malang, hendaknya menggunakan latihan pliometrik x jump sebagai bentuk latihan untuk meningkatkan kekuatan otot tungkai keterampilan permainan bolavoli.